Selasa, 17 Oktober 2017

Donggala Benahi Objek Wisata Potensial

id Bupati Donggala
Donggala Benahi Objek Wisata Potensial
Bupati Donggala, drs. Kasman Lassa SH menyerahkan bantuan kepada masyarakat sebagai bantun Usaha Kecil Menengah di objek wisata Pantai Kaluku Desa Limboro Kecamatan Banawa Tengah, Donggala. (Ibrahim Abas/ Humas Pemkab Donggala)
Bupati : Donggala memiliki banyak objek wisata potensial meliputi wisata bahari dan wisata alam
Donggala, Sulawesi Tengah, (antarasulteng.com) - Pemerintah Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, mulai membenahi objek-objek wisata potensial yang terdiri dari wisata alam dan wisata bahari.

Bupati Donggala Kasman Lassa di Donggala, Kamis, menyatakan terdapat kurang lebih 48 objek wisata potensial meliputi wisata bahari dan wisata alam misalnya di bagian pantai barat dan Banawa.

"Iya, sejak tahun 2016 Pemkab Donggala sudah mulai merancang pengembangan objek-objek wisata potensial yang akan di tingkatkan atau di tindak lanjuti pada tahun 2017 ini, sebagai upaya pengembangan sektor jasa," kata Kasman.

Bupati menjelaskan Dinas Pariwisata telah melakukan survei terhadap 48 objek wisata yang ada di kabupaten tersebut.

Hasil survei itu akan dilengkapi dengan strategi pembangunan infrastruktur dan sarana penunjang serta penyediaan Usaha Kecil Menengah (UKM) bidang kuliner.

Donggala juga memiliki wisata alam Danau Rano di Kecamatan Balaesang Tanjung dan Danau Talaga di Kecamatan Balaesang yang dapat dimanfaatkan untuk rekreasi dan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan bagi wisatawan tujuan khusus.

Karena itu, sebut Bupati, Pemkab Donggala akan melibatkan beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk melakukan pembangunan di objek wisata potensial seperti objek wisata bahari Pantai Kelapa (Kaluku Ntasi), Tanjung Karang, Pantai Labuana, serta beberapa objek wisata bahari lainnya di bagian pantai barat.

Pembangunan infastruktur pariwisata untuk menunjang kepariwisataan meliputi pembangunan jalan menuju objek wisata, pembangunan puskesmas dengan menyediakan tenaga kesehatannya, rumah ibadah serta menyediakan instalasi listrik.

"Pengembangan objek-objek wisata tentu tidak dapat dilakukan atau dilaksanakan oleh satu dinas atau satu SKPD saja, melainkan harus dilakukan bersamaan dengan beberapa SKPd meliputi Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kesehatan, serta Dinas Ekonomi Kreatif," ujarnya.

Donggala juga memiliki pulau-pulau kecil yang memiliki daya tarik dari keindahan pasir putih seperti Pulau Maputi, Pulau Pasoso dan beberapa pulau-pulau kecil lainnya dengan ekosistem penyu hijau yang menjadi magnet untuk menarik wisatawan ke tempat-tempat potensial tersebut.

Editor: Anas Masa

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga