Jumat, 28 Juli 2017

KPU Kukuhkan Relawan Demokrasi Kawal Pilkada Serentak

id kpu
KPU Kukuhkan Relawan Demokrasi Kawal Pilkada Serentak
KPU (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Palu,  (antarasulteng.com) - Komisi Pemilihan Umum Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, mengukuhkan 20 relawan demokrasi di Banggai Kepulauan, Jumat, guna mengawal pemilihan kepala daerah serentak di daerah itu.

"Mereka adalah ujung tombak demokrasi untuk mendorong masyarakat datang ke tempat pemungutan suara," kata Ketua KPU Banggai Tamin, dihubungi dari Palu, Jumat.

Dia mengatakan para relawan demokrasi tersebut diharapkan menjadi pelopor demokrasi masyarakat karena mereka terjun langsung di tengah-tengah masyarakat.

"Teman-teman kita itu adalah relawan tetapi kita anggarkan operasionalnya," katanya.

Tamin berharap peran relawan demokrasi tersebut dapat meningkatkan partisipasi pemilih sekaligus memberikan pendidikan politik di tengah masyarakat.

Para relawan tersebut tersebar di 12 kecamatan di Banggai Kepulauan untuk membantu kelancaran pesta demokrasi lima tahunan di daerah itu.

"Masyarakat sudah siap menyambut pilkada. Partisipasi pemilih kita akan kita tingkatkan dari pilkada gubernur 2015," katanya.

Partisipasi pemilih pada Pilkada Gubernur 2015 sebanyak 75,84 persen. Pada pilkada serentak 15 Februari 2017 KPU menargetkan di atas 80 persen.

Pilkada di Banggai Kepulauan diikuti empat calon pasangan calon yakni nomor urut 1 pasangan Delmard Siako/Nadjib Bangunan (Desa Membangun), nomor urut 2 Hery Ludong/Adjumain Lumbon (Hery Adja), nomor urut 3 Zainal Mus/Rais Adam (Zamra) dan nomor urut 4 Irianto Malinggong/Hesmon FVL Pandili (Irhes).

Sementara itu tahapan kampanye debat publik sudah selesai dalam dua putaran. Rencananya KPU akan membawa naskah surat suara ke salah satu percetakan di Makkasar pada 22 Januari untuk dicetak.

"Surat suara sudah disetujui para pasangan calon. Sudah siap dicetak," katanya. Ditargetkan suara suara tersebut akan diangkut ke Banggai Kepulauan melalui Luwuk, ibukota Kabupaten Banggai.

Selanjutnya KPU akan menyortir seluruh surat suara tersebut selanjuta didistribusi ke TPS. 

Editor: Adha Nadjemudin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga