Presiden optimis hubungan Indonesia-AS bagus

id jokowi

Presiden optimis hubungan Indonesia-AS bagus

Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

Bogor (antarasulteng.com) - Presiden Joko Widodo optimis hubungan Indonesia dengan Amerika Serikat (AS) akan lebih baik setelah Presiden Donald Trump dilantik pada Jumat (20/1).

"Saya optimis hubungan Indonesia-AS akan lebih baik tetapi harus saling menguntungkan kedua belah pihak," kata Presiden usia mengikuti kejuraan panahan Bogor Terbuka 2017 di Lapangan Pusat Pendidikan Zeni TNI Angkatan Darat di Kota Bogor, Minggu.

Presiden juga mengucapkan selamat atas pelantikan Presiden AS Donald Trump dan mencermati pidatonya dengan mengaris bawahi saling menguntungkan dalam kerjasama dengan negara lain.

"Saya garis bawahi adalah saling menguntungkan. Kita optimis hubungan Indonesia-AS akan berjalan baik," katanya.

Presiden mengaku sudah menelpon presiden AS ke-45 tersebut dan Donald Trump menyampaikan bahwa memiliki banya kawan di Indonesia.

"Donald Trump menyampaikan kawan saya di Indonesia banyak. Saya punya bisnis di Indonesia, dia mengatakan seperti itu," ungkap Presiden. 

Dalam pemberitaan sebelumnya Donald Trump, Jumat, dilantik sebagai Presiden ke-45 Amerika Serikat (AS).

Dengan tangan diletakkan di atas kitab suci Injil yang biasa digunakan keluarganya, dan dengan satu lainnya yang digunakan dalam pelantikan Presiden ke-16 Abraham Lincoln, Trump mengucapkan sumpah di hadapan Ketua Mahkamah Agung John Roberts.

Setelah menjalani upacara pengambilan sumpah, yang berlangsung di Gedung Capitol, Washington DC, sosok yang tidak memiliki pengalaman pemerintahan ataupun militer itu resmi menjabat sebagai Presiden AS.

Pelantikan tersebut menjadi titik puncak kebangkitan kekuasaan politik Amerika bagi Trump, pengusaha miliarder berusaha berusia 70 tahun dari New York.