Rabu, 29 Maret 2017

Pemprov Sulteng Jamin Ketersediaan Pangan Aman

id pasar
Pemprov Sulteng Jamin Ketersediaan Pangan Aman
Ilustrasi--Pasar Modern (antaranews)
Palu,  (antarasulteng.com) - Pemprov Sulawesi Tengah menjamin ketersediaan komoditi pangan dan lainnya di daerah itu aman karena suplai dari produsen lancar.

"Stok pangan di seluruh kabupaten dan kota di Sulteng, termasuk Palu cukup memadai, meski permintaan masyarakat menjelang hari raya Imlek meningkat," kata Kepala Dinas Perdagangan setempat Abubakar Alamahdali di Palu, Jumat.

Ia mengatakan meski kondisi cuaca di Sulteng selama sebulan terakhir ini tidak mendukung, namun distribusi berbagai kebutuhan pokok masyarakat di seluruh kabupaten dan kota di Sulteng tetap berjalan lancar.

Memang wilayah Sulteng hingga kini curah hujannya masih tinggi.

Namun, demikian, kondisi cuaca tersebut sama sekali tak mempengaruhi distribusi sembako di daerah-daerah dalam wilayah Sulteng.

Karena distribusi lancar, stok yang ada di pasar-pasar, teramsuk di Ibu Kota Provinsi Sulteng cukup memadai dan harga relatif stabil.

Kecuali, kata dia, ada sejumlah komoditi pangan yang mengalami kenaikan seperti cabai, bawang dan minyak goreng.Tetapi kenaikan masih wajar karena memang stoknya yang kurang.

Misalkan untuk cabai rawit, stok di pasaran kurang sehingga memicu kenaikan menyusul permintaan masyarakat meningkat.

Cabai sempat naik hingga mencapai Rp100 ribu/kg, tetapi dalam beberapa hari ini sudah turun meski belum normal karena adanya intervensi pasar dari salah satu BUMN yakni PT Perusahaan Perdagangan Indonesia yang mendatangkan cabai rawit dari Gorontalo sebanyak sekitar 200 ton.

Komoditi pangan itu sudah dijual ke pasar dengan harga Rp65.000/kg.

Harga bawang merah masih berkisar Rp40 ribu/kg, bawang putih Rp45 ribu/kg dan minyak goreng Rp15 ribu/kg. 

Editor: Adha Nadjemudin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga