Sigi Maksimalkan Peningkatan Ekonomi Kerakyatan

id irwan

Sigi Maksimalkan Peningkatan Ekonomi Kerakyatan

Bupati Sigi, Sulawesi Tengah, Irwan Lapata (tengah) (fb)

Sigi, Sulawesi Tengah,  (antarasulteng.com) - Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta menyatakan program `Sigi Masagena` menjadi salah satu instrumen pemerintah kabupaten tersebut untuk memaksimalkan dan meningkatkan ekonomi kerakyatan.

"Program `Sigi Masagena` yaitu instrumen untuk meningkatkan ekonomi masyarakat yang akan berujung pada peningkatana ekonomi kerakyatan demi kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sigi," ungkap Bupati Irwan Lapatta.

Bupati Irwan Lapatta menguraikan, bahwa program `Sigi Masagena` menjadi salah satu dari tiga program inovasi yang digagas oleh pemerintah setempat untuk kemandirian ekonomi masyarakat.

Dimana, sebut dia, lewat program tersebut pemerintah akan berupaya memberdayakan masyarakat lewat industri rumah tangga, membangun peluang-peluang usaha masyarakat kemandirian ekonomi.

Hal itu, urai Bupati, akan melibatkan beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkungan pemerintah Sigi untuk mengintervensi secara langsung progra pemberdayaan masyarakat untuk peningkatan ekonomi.

"Iya, program inovasi `Sigi Masagena` menjadi salah satu ujung tombak untuk keandirian ekonomi masyarakat yaitu dengan memberdayakan rumah tangga yang nantinya akan mengarah pada ekonomi kerakyatan atau kesejahteraan atas peningkatan ekonomi secara merata dan berkeadilan," sebutnya.

Bupati mengatakan bahwa saat ini berdasarkan data yang akan penduduk miskin di Kabupaten Sigi kurang lebih sekitar 20 persen atau kurang lebih 48.000 masyarakat ekonomi lemah dari total jumlah penduduk.

Jumlah penduduk miskin tersebut, jelas Bupati, akan menjadi sasaran utama dalam pelaksanaan program inovasi `Sigi Masagena` yang diawali dengan pendataan yang maksimal.

"Saat ini telah ada kurang lebih 13 ribu masyarakata miskin dari 48. 000 tersebut yang sudah terdata lewat sistem yaitu siapa mereka dan dimana mereka. Nah ini yang akan di tanggulangi secara berkesinambungan lewat program inovasi tersebut," urainya.