Gubernur : Masih Ada 337 Desa Belum Terlistriki

id longki

Gubernur : Masih Ada 337 Desa Belum Terlistriki

Drs, Longki Djanggola, MSi (humas)

Palu,  (antarasulteng.com) - Gubernur Sulawesi Tengah H Longki Djanggoka mengatakan hingga kini masih ada sebanyak 337 desa di daerah itu yang belum terlistriki.

"Di Sulteng ada 2017 desa dan 337 diantaranya dan tersebar di 12 kabupaten belum terjangkau listrik PLN," katanya pada rapat koordinasi rencana pengembangan listrik desa di Provinsi Sulteng berlangsung di Palu, Selasa.

Gubernur berharap dalam beberapa tahun ke depan sesuai dengan target pemerintah jumlah desa yang sudah terlayani penerangan listrik PLN di Sulteng terus meningkat.

Pada 2019 pemerintah pusat menargetkan tingkat rasio elektrifikasi listrik desa secara nasional meningkat menjadi 97 persen.

Sulteng berharap lebih dari itu.Mudah-mudahan 100 persen desa di daerah ini sudah menikmati listrik PLN.

Ia juga meminta para bupati di Sulteng untuk mendukung program pemerintah pusat terkait masalah kelistrikan desa di daerah ini yang rasio elektrifikasi masih rendah di Pulau Sulawesi.

"Saya minta para bupati lebih serius lagi untuk ikut memberikan solusi dalam setiap masalah dan kendala yang dihadapi PLN terkait pembebasan lahan untuk pembangunan pembangkit dan tiang dan jaringan transmisi," pinta Gubernur Longki.

Hal senada juga diharapkan oleh Direktur Bisnis PT PLN Wilayah Sulawesi dan Nusatenggara, Macnizon Masri.

Ia juga meminta bupati di Sulteng untuk membantu PLN dalam pembebasan lahan untuk kepentingan kelistrikan di daerah ini.

Kendala pengembangan kelistrikan di daerah selama ini antara lain pemilik tanah keberatan atas penempatan instalasi tiang dan gardu listrik.

Berikutnya adalah masyarakat menolak jalur SUTM dibersihkan dari pohon,jalur melintasi kawasan hutan cagar alam dan pemilik tanah meminta harga tinggi diatas hasil penilaian serta tanah sengketa atau pemilik ganda.

Kendala lain rata-rata desa yang belum terlistiki tidak punya akses jalan memadai sehingga sulit untuk pengangkutan material.

"Inilah kendala yang selama ini dihadapi PLN dalam meningkatkan rasio listrik desa di Sulteng",katanya.