Minggu, 30 April 2017

Menkeu: pertumbuhan kredit bantu kinerja investasi 2017

id menkeu, sri
Menkeu: pertumbuhan kredit bantu kinerja investasi 2017
Menteri Keuangan Sri Mulyani (ANTARA /Hafidz Mubarak A)
Jakarta (antarasulteng.com) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pertumbuhan kredit bisa menjadi salah satu faktor yang bisa membantu kinerja investasi pada 2017.

"Dari sisi perbankan, mereka memiliki estimasi pertumbuhan kredit yang lebih tinggi. Ini tanda positif sebagai sumber investasi," kata Sri Mulyani di Jakarta, Selasa.

Sri Mulyani menjelaskan kredit tersebut bisa bermanfaat bagi sektor industri untuk melakukan ekspansi usaha dan melahirkan berbagai investasi baru yang dibutuhkan guna mendorong perekonomian.

Ia menambahkan faktor lain peningkatan kinerja investasi di 2017 adalah tingkat kepercayaan pemilik modal yang tidak goyah terhadap Indonesia, meski tekanan global saat ini sedang melanda.

"Kita juga berharap PMA maupun PMDN akan menjadi kontributor yang tetap kuat (robust). Selama ini sudah cukup baik meskipun dalam situasi ekonomi yang sebetulnya kurang baik," tuturnya.

Selain itu, kata dia, selama kondisi fundamental ekonomi makro masih terjaga dengan baik, maka pelaku pasar modal juga bisa mempertimbangkan untuk menambah investasi pada portofolio atau kepemilikan saham.

Dari sisi BUMN, penyertaan modal negara yang diberikan selama dua tahun berturut-turut pada 2015 dan 2016 diharapkan bisa memberikan dampak ke investasi dan pertumbuhan ekonomi mulai 2017.

Sri Mulyani mengharapkan dengan berbagai faktor tersebut, kinerja investasi yang hanya tercatat sebesar 4,48 persen pada 2016 bisa tumbuh lebih baik melebihi angka lima persen.

"Secara keseluruhan, performa ekonomi 2016 banyak memberikan sinyal positif, meski suasana internasional cukup menekan. Kita ingin menjaga momentum positif itu di 2017," ujarnya.

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga