Selasa, 25 April 2017

PLN Palu Tidak Lakukan Penambahan Pembangkit Baru

id listrik
PLN Palu Tidak Lakukan Penambahan Pembangkit Baru
Ilustrasi--PLN (antaranews)
Tahun ini kami tidak ada pembangunan ataupun penambahan pembangkit listrik. Penambahan atau pembangunan pembangkit baru direncanakan pada 2019
Palu,  (antarasulteng.com) - Manager PT PLN Area Palu, Emir Muhaimin mengatakan tidak ada rencana penambahan pembangkit baru pada 2017, namun menjamin pasokan listrik mencukupi kebutuhan.

"Tahun ini kami tidak ada pembangunan ataupun penambahan pembangkit listrik. Penambahan atau pembangunan pembangkit baru direncanakan pada 2019," katanya di Palu, Kamis.

PLN merencanakan untuk membangun pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Palu III di Desa Dalaga, Kabupaten Donggala, sekitar 35 km utara Palu, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah.

Hanya saja, lanjutnya, lokasi belum dibebaskan, meskipun demikian kemungkinan besar lokasi pembangunan pembangkit yang menggunakan bahan bakar batu bara tersebut di Desa Dalaga.

PLN Palu, kata Emir masih menunggu surat ijin penetapan lokasi dari Bupati Donggala dan mengharapkan secepatnya dapat dikeluarkan agar proses pembangunan dapat segera dipersiapkan.

Meski tidak ada penambahan atau pembangunan pembangkit listrik pada 2017 ini, namun dalam penguatan infrastruktur kelistrikan, PLN Palu akan mendapat penambahan travo sebesar 60MVA atau sekitar 48 MW di Gardu Induk (GI) Silae, Palu Barat.

Penambahan travo di GI Silae untuk mendapat pasokan listrik dari Sulawesi Selatan, khususnya yang berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Sulewana Poso.

Pasokan daya dari PLTA Sulewana Poso sudah terinterkoneksi dengan Sulsel, Kabupaten Sigi dan sistem Palu. "Jadi suplai listrik untuk kebutuhan Palu dapat dilakukan dari Sulsel dan sebaliknya,` kata Emir.

Ia menjamin, jika program penambahan travo di GI Silae terealisasi,niscaya ketersediaan listrik untuk sistem kelistrikan Palu yang selama ini melayani sejumlah kabupaten dan kota di Sulteng semakin memadai.

Sistem kelistrikan Palu melayani kebutuhan listrik masyarakat di Kabupaten Sigi, Donggala, Parigi Moutong dan Palu, Ibu Kota Provinsi Sulteng.

Jumlah pelanggan PLN Area Palu saat ini sekitar 300 ribu pelanggan tersebar di sejumlah kabupaten dan kota seperti Poso, Tojo Una-Una,Parigi Moutong, Donggala, Sigi dan Palu.

Hingga kini, kata Emir Sistem Palu masih surplus daya sekitar 20MW. Tetapi jika travo GI Silae bertambah, maka surplus daya akan bertambah lagi menjadi 60MW.

Dengan ketersediaan daya sebesar itu, otomatis PLN harus lebih gencar lagi mencari pelanggan baru.  

Editor: Adha Nadjemudin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga