Kamtibmas Di Daerah Penyelenggara Pilkada Kondusif

id polda

Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah Brigjen Pol. Rudy Sufahriadi. (ANTARA Foto/Reno Esnir)

Palu,  (antarasulteng.com) - Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen Polisi Rudy Sufahriadi mengatakan bahwa situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di dua daerah yang menggelar pilkada serentak 2017 dalam keadaan kodusif.

"Sampai sejauh ini, situsi di dua daerah itu dalam keadaan aman," katanya kepada pers, Senin, di sela penyambutan 201 personel Brimob yang diperbantukan Mabes Polri ke Polda Sulteng untuk pengamanan pilkada.

Pilkada serentak di Sulawesi Tengah pada 15 Februari 2017 akan digelar di Kabupaten Buol di ujung utara Sulteng, dan Kabupaten Banggai Kepulauan di ujung timur provinsi berpenduduk hampir tiga juta jiwa ini.

Kapolda Rudy Sufahriadi membantah bahwa pengamanan di Kabupaten Banggai Kepulauan saat ini berada dalam status siaga satu. Semua kejadian di daerah itu telah ditangani dengan baik oleh Kapolres Bangkep.

Kapolda menggungkapkan bahwa dirinya telah mengunjungi satu persatu pasangan calon yang akan berkompetisi dalam pilkada di dua kabupaten tersebut.

"Saya sampaikan kepada mereka bahwa pemilihan ini sama dengan bertanding, ada yang kalah dan ada yang menang. Kalau tidak mau kalah jangan bertanding karena proses pentahapan itu semuanya sudah jelas," ujarnya.

Kapolda berharap pilkada di Buol dan Banggai Kepulauan berjalan dengan lancar sehingga masyarakat juga memberikan hak pilih sesuai dengan keinginannya.

Selain itu, katana, kepada pasangan yang memperoleh suara terbanyak dan dinyatakan sebagai pemenang kompetisi, tidak melampiaskan kegembiaraannya secara berlebihan sehingga situasi tetap kondusif seperti saat ini.

Sebanyak 210 personil bawah kendali operasi (BKO) Mabes Polri ke Polda Sulteng tiba di Bandara Mutiara Sis Aldjufri Palu dengan penerbangan komersil dari Balikpapan.

Personel tersebut berasal dari Satuan Brimob Polda Kaltim yang dibagi dalam dua satuan setingkat kompi, satu SSK bertugas ke Buol dan satu lagi ke Banggai Kepulauan.

"Mereka datang sesuai dengan permintaan Polda Sulteng," kata Rudy Sufahriadi.

Kedatangan mereka dalam rangka membantu suksesnya Operasi Mantap Praja 2017 di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah yang akan dilaksanakan serentak pada 15 Februari 2017. 
Pewarta :
Editor: Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar