Gubernur: ASN Berkualitas Itu Penting

id longki
Gubernur: ASN Berkualitas Itu Penting
Drs, Longki Djanggola, MSi (ist)
ASN mempunyai peranan yang vital dalam menjalankan pemerintahan
Palu,  (antarasulteng.com) - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola menekankan bahwa Aparatur Sipil Negera (ASN) yang berkualitas sangat penting untuk kemajuan suatu Negara.

"ASN mempunyai peranan yang vital dalam menjalankan pemerintahan," katanya dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Tata Praja Setdaprov Sulteng Arief Latjuba pada Diklat Kewidyaiswaraan dan Diklat Pimpinan Tingkat III dan IV di Palu, Senin.

Diklat yang diadakan atas kerja sama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) itu bertujuan merespon tingginya kebutuhan sumber daya manusia yang berkualitas, pada tenaga pengajar di lingkup pemerintah daerah tingkat Pratama, Madya hingga Utama.

"Aparatur pemerintah mempunyai posisi dan kedudukan yang strategis dalam mengemban tugas-tugas umum pemerintahan, pembangunan dan pembinaan masyarakat. Maka ASN yang professional dan handal menjadi kunci keberhasilan dalam memberikan pelayanan publik," ujarnya.

Selain itu, kata dia, banyaknya jumlah aparatur sipil negara diharapkan memberikan kontribusi yang besar pula bagi Negara.

Karena itu, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi yang ada di seluruh Indonesia, berkewajiban menemukan format yang efektif serta efisien dalam pengembangan SDM yang dilaksanakn oleh tenaga yang mumpuni.

Gubernur merasa Indonesia masih tertinggal dari cepatnya laju pembangunan yang semakin melesat saat ini. Salah satu sebannya adalah lemahnya kemampuan birokrasi dalam memimpin dan melaksanakan kebijakan strategis pembangunan.

Gubernur juga berpesan kepada seluruh peserta diklat dapat mengikuti rangkaian kegiatan ini secara seksama dan sungguh-sungguh sehingga dapat menghasilkan kualitas diklat yang berimbas pada peningkatan kompetensi dan profesionalisme SDM ASN.

"Akhirnya akan memberikan pelayanan publik yang berkualitas, efektif dan efisian kepada masyarakat," harapnya.

Sementara itu, Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) yang diwakili Kepala Bidang Seleksi dan Pengembangan Widyaiswara, Budiharjo memotivasi seulruh peserta Diklat, bahwa semua yang hadir mengemban tugas yang berat namun mulia.

"Karena masa depan Diklat Pim ada dipundak bapak ibu sekalian, dan saya berharap agar bapak ibu sekalian juga dapat terus berinovasi dalam mengembangkan bahan diklat dan metode yang baru dan dilakukan secara proporsional dan professional," kata Budiharjo.  

Editor: Adha Nadjemudin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga