Jumat, 28 April 2017

Gubernur Apresiasi Pilkada Sulteng Aman Dan Lancar

id longki
Gubernur Apresiasi Pilkada Sulteng Aman Dan Lancar
Gubernur Sulteng, Longki Djanggola (FOTO ANTARA/Fiqman Sunandar)
Palu,  (antarasulteng.com) - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola memberikan apresiasi atas pelaksanaan pilkada serentak tahun 2017 di Kabupaten Banggai Kepulauan dan Buol yang berlangsung dalam keadaan aman, damai dan lancar.

"Alhmadulillah, hasilnya sangat mengembirakan," ungkap gubernur yang dihubungi di Palu, Sabtu.

Gubernur berharap siapapun yang terpilih nantinya dapat membangun kebersamaan yang kuat dengan rakyat agar daerahnya dapat lebih maju dan masyarakatnya lebih sejahtera.

Hal senada disampaikan juru bicara Polda Sulteng AKBP Hari Suprapto bahwa hingga saat ini kondisi di dua kabupaten yakni Banggai Kepulauan dan Buol dalam keadaan aman dan kondusif.

Kata dia, saat ini aparat kepolisian terus melakukan pemantauan hasil perhitungan suara yang sedang hingga pengumuman akhir yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

"Saat ini Kapolda Sulteng sedang berada di Kabupaten Buol dan Wakapolda di Kabupaten Bangkep dalam agenda pemantauan Pilkada 2017," ungkapnya.

Terkait sudah adanya arak-arakan sejumlah pendukung pasangan calon yang mengklaim kemenangan di masing-masing daerah, Hari berharap agar tidak berlebihan. Karena ini merupakan pesta demokrasi seluruh lapisan masyarakat.

"Pak Kapolda dalam setiap kesempatan selalu menghimbau bahwa secara keseluruhan tahapan pilkada memiliki proses, jika ada yang merasa menang tidak terlalu berlebihan dan jika ada merasa dirugikan dipersilahkan untuk menempuh jalur hukum ," kata Hari.

Di Kabupaten Banggai Kepulauan, data yang terpublikasi di https://pilkada2017.kpu.go.id, Jumat (17/02), pukul 12.30 Wita, menyatakan seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) telah mengirimkan form C1 mereka. Hasilnya pasangan calon nomor urut 3 Zainal Mus/Rais Adam (Zamra) memperoleh suara terbanyak dengan persentase 39,33 persen, disusul pasangan nomor urut 4 Irianto Malinggong/Hesmon FVL Pandili (Irhes) sebesar 32,89 persen, nomor urut 2 Hery Ludong/Adjumain Lumbon (Hery Adja) 15,77 persen dan nomor urut 1 Delmard Siako/Nadjib Bangunan (Desa Membangun) sebesar 12,01 persen.

Sementara itu di Kabupaten Buol, pasangan nomor urut 1 Amiruddin Rauf-Abdullah Batalipu (Beramal), hampir dipastikan menang. Dari 98,64 persen data yang masuk ke website KPU, Jumat (17/02), pukul 12.30 Wita, pasangan ini sudah meraup suara sebesar 46,55 persen, disusul pasangan nomor urut 3 Syamsuddin Koloi-Nurseha Batalipu (Bersinar) sebesar 41,86 persen dan nomor urut 2 Efendy Nonci- Syarmin DJ Daimaroto sebesar 11,59 persen.  

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga