Zainal Daud Optimis Jadi Wagub Sulteng

id pkb

Zainal Daud Optimis Jadi Wagub Sulteng

Partai Kebangkitan Bangsa (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Mantan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Sulawesi Tengah, Zainal Daud menyatakan optimis terpilih menjadi wakil gubernur Sulteng periode 2017-2022.

"Di sini hadir Hidayat Lamakarate sebagai calon Wagub bersama saya yang diusulkan oleh PKB. Insya Allah, kalau kegiatan PKB ke depan, Pak hidayat akan menjadi wakil gubernur," kata Zainal di depan ratusan kader PKB dalam Musyawarah Wilayah ke III PKB Sulteng di Palu, Sabtu.

Pernyataan Zainal itu disampaikan dalam sambutannya sebagai ketua Demisioner yang disambut oleh tepuk tangan yang riuh peserta Muswil tanpa terkecuali Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar, Sekretaris Jenderal PKB Kadir Karding, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, staf ahli Gubernur Sulawesi Tengah Hidayat Lamakarate, Wali Kota Palu Hidayat.

Zainal menjelaskan selama kepimpinannya enam tahun lalu, PKB Sulteng mengalami banyak lompatan peningkatan dalam perolehan kursi legislatif, baik DPRD Sulteng maupun kabupatan dan kota.

"Pemilu tahun 2009, anggota legislatif PKB di DPRD Sulteng hanya satu orang dan meningkat menjadi tiga orang di Pemilu 2014. Sementara untuk DPRD kabupaten/kota, sebelumnya total 12 kursi kini menjadi 29 kursi dan saya optimis Pemilu 2019 akan menjadi 50 kursi," ungkapnya.

Zainal juga menyatakan diri tidak akan mencalonkan sebagai ketua PKB periode berikutnya, tetapi akan mendukung siapa saja yang mengikhlaskan diri atau mewakafkan dirinya untuk membantu dan mengembangkan PKB di Sulteng.

Sementara itu Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar menyatakan bahwa Zainal Daud meruapakan salah satu contoh kader PKB yg optimis dan yakin dalam menyongsong masa depan, disamping usaha dan kerja keras yang telah dilakukannya.

Muhammad Hidayat Lamakarate dan Zainal Daud akhirnya ditetapkan menjadi calon Wakil Gubernur Sulawesi Tengah yang akan diajukan ke DPRD setempat oleh empat partai pengusung pasangan Longki Djanggola - Sudarto.

Keputusan itu dicapai dalam pertemuan yang kelima kalinya para pimpinan empat parpol yakni Gerindra, PBB, PKB dan PAN di rumah jabatan gubernur di Palu, Selasa (14/2) malam, dipimpin Ketua DPD Partai Gerindra Sulteng Longki Djanggola.

Penentuan calon wagub itu diambil lewat pemungutan suara untuk mendapatkan satu nama calon lagi, setelah sebelumnya keempat partai sepakat dengan suara bulat mencalonkan Muh. Hidayat Lamakarate.

Dalam pemungutan suara itu, ketiga partai sepakat memilih H. Zainal Daud yang juga Ketua DPW PKB Sulteng, sedangkan PAN abstain.