Warga Dukung Pembangunan IAIN Palu Di Sigi

id iain

Warga Dukung Pembangunan IAIN Palu Di Sigi

Gambar Gedung Rektorat IAIN Palu di Kabupaten Sigi.

Sigi, Sulawesi Tengah,  (antarasulteng.com) - Warga di Desa Pombewe Kecamatan Biromaru Kabupaten Sigi mendukung pelaksanaan pembangunan kampus II Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu di desa kabupaten tersebut.

Sekretaris Desa Pombewe, Nurdin menyatakan di Pombewe, Minggu, komponen masyarakat desa tersebut sangat mendambakan hadirnya perguruan tinggi Islam negeri tersebut dibangun di desanya.

"Iya, masyarakat sangat bersyukur apabila rencana IAIN Palu membangun kampus dua-nya terealisasi dengan baik dan maksimal di Desa Pombewe Kecamatan Biromaru," ungkap Sekdes Pombewe, Nurdin.

Nurdin mengatakan bahwa keberadaan perguruan tinggi Islam negeri tersebut di Desa Pombewe akan memberikan dampak positif yang sangat besar terhadap perubahan mulai dari sisi sumber daya manusia, ekonomi, sosial dan budaya.

Dimana, sebut dia, IAIN Palu di Kabupaten Sigi akan membuka akses terbuka dan berkembangnya kegiatan industri perekonomian kecil dan menengah yang dikelola oleh masyarakat di Desa Pombewe dan desa-desa lainnya.

Karena itu, kata dia, hadirnya IAIN Palu di Kabupaten Sigi tidak hanya memberikan dampak positif terhadap perubahan desa tersebut, tetapi juga akan memberikan dampak terhadap Kabupaten Sigi.

"IAIN Palu di Kabupaten Sigi sebagai institusi pendidikan tentu akan memberikan dampak terhadap peningkatan sumber daya manusia kabupaten tersebut, serta dampak positif terhadap sektor ekonomi dan sosial budaya," ujarnya.

Sementara itu Rektor IAIN Palu Prof. Dr. H. Zainal Abidin M.Ag meminta dukungan penuh masyarakat Kabupaten Sigi utamanya desa-desa yang dekat lokasi pembangunan perguruan tinggi tersebut untuk memberikan dukungan.

"Saya sangat mengharapkan adanya partisipasi aktif dan dukungan yang tinggi dari masyarakat di Kabupaten Sigi, seperti masyarakat di Desa Pombewe untuk mendukung pembangunan kampus dua IAIN Palu di Sigi," sebut Prof. Zainal Abidin M.Ag

Pakar pemikiran Islam modern itu mengatakan direncanakan pembangunan tahap awal akan dimulai pada bulan April 2017, yang akan membangun dua gedung berlantai empat dengan kapasitas 100 kelas lebih yang dibiayai lewat Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) senilai kurang lebih Rp35 miliar.

Pembangunan dua gedung berlantai empat tersebut dilaksanakan diatas lahan bersertifikat hak milik seluas kurang lebih 20 hektare, yang akan berlangsung selama beberapa bulan proses pembangunan konstruksi.

"Jika tahun ini kita mulai meletakkan batu pertama dan memulai pembangunan konstruksi fisik, maka maka IAIN Palu menargetkan perkuliahan akan dimulai pada tahun 2018 mendatang," jelasnya.

Tim konsultan lingkungan yang dipimpin oleh Ir. Faturrahman bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sigi telah melakukan sosialisasi Analisis Dampak Lingkungan (Andal) di Desa Pombewe Minggu 19/2 yang dihadiri oleh pemerintah desa, tokoh adat, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh pemuda desa tersebut.

Sosialisasi Andal dimaksudkan untuk mengakomodir usulan masyarakat atas pembangunan IAIN Palu di Desa Pombewe dari sisi lingkungan, serta untuk kelengkapan dokumen UKL-UPL sebagai syarat memperoleh izin lingkungan.