Era digital ciptakan banyak pengangguran

id digital

Era digital ciptakan banyak pengangguran

(ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Jakarta (antarasulteng.com) - Anggota Dewan Pakar Asosiasi Serikat Pekerja (ASPEK) Indonesia Kun Wardana Abyoto menyatakan era digital akan menciptakan banyak pengangguran karena lapangan pekerjaan yang tercipta jumlahnya lebih kecil dari pada lapangan pekerjaan yang hilang.

"Statistik ILO mengatakan di era digital, ada pekerjaan-pekerjaan yang menjadi hilang dan menciptakan pekerjaan baru namun selisihnya sangat besar sehingga akan terjadi banyak pengangguran. Kita harus bisa melihat ke depan, kalau menunggu ini terjadi, akan ketinggalan," ujar Kun dalam Seminar Nasional "Memperjuangkan Kesejahteraan dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia" yang digelar oleh ASPEK Indonesia di Jakarta, Senin.

Pengamatan yang dicatat Organisasi Buruh Internasional (ILO) itu disebutnya telah melihat kecenderungan teknologi digital akan menguasai seluruh bidang pekerjaan.

Kun mengatakan revolusi teknologi telah terjadi empat kali, yaitu pertama dengan penemuan mesin uap, kedua elektrifikasi, ketiga penggunaan komputer, dan keempat revolusi era digital.

Sedangkan pengaruh era digital terhadap semakin banyaknya pengangguran disebabkan oleh penerapan robotisasi dan otomasi di perusahaan.

Serikat Pekerja dan pemerintah disebutnya harus dapat mencermati hal itu dan menyiapkan antisipasi yang dibutuhkan.

Kun mencontohkan di China, pemerintah memberlakukan kebijakan khusus larangan masuk untuk perusahaan berplatform digital seperti Google, Amazon dan Facebook untuk melindungi perusahaan dalam negeri.

"Di alibaba.com, kegiatan sale mereka bisa mengalahkan pendapatan Amazon selama setahun. Betapa besar pasarnya," ujarnya.

Namun untuk Indonesia, Kun mengakui masih susah melindungi pekerja dari kehilangan pekerjaannya karena belum memiliki teknologi yang memadai serta belum adanya kebijakan pemerintah yang mendukung seperti di China.