Beranda - PT. Paktel Dukung Parigi Moutong Bangun `Smart City`

id smart, city
Beranda - PT. Paktel Dukung Parigi Moutong Bangun `Smart City`
Smart City (antaranews)
Parigi, Sulteng,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, telah menjalin kerja sama dengan PT. Pasifik Telekomunikasi (Paktel) untuk membangun jaringan internet (wifi) di seluruh wilayah terkait program `smart-city` yang sedang dikembangkan pemerintah setempat.

"Kerja sama pembangunan dan pemanfaatan jaringan wifi ini dilakukan pemerintah kabupaten dan PT. Paktel dengan sistem sewa," kata Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu seperti dikutip siaran pers Humas Pemkab Parimo yang diterima di Palu, Selasa.

Perluasan dan pemanfaatan jaringan wifi ke seluruh wilayah merupakan upaya mewujudkan program `smart city` sampai ke kota-kota kecamatan sehingga menjadi ikon pembangunan.

Jaringan wifi milik PT. Paktel akan memanfaatkan sistem satelit tersendiri sehingga bisa menjangkau seluruh pelosok daerah.

"Jangkauannya sangat luas dan kuat, jauh berbeda dengan jaringan wifi konvensional," kata bupati.

Menurut Samsurizal, Parigi Moutong mrupakan salah satu daerah di Sulteng yang semakin banyak dilirik ivestor untuk menanamkan modalnya di berbagai sektor potensial, teritama sekali agro industri dan agrobisnis serta kepariwisataan.

"Saya sangat percaya bahwa kemajuan suatu daerah tidak terlepas dari dukungan investor. Investor akan semakin tertarik bila sarana dan fasilitas internet bisa tersedia dimana-mana dengan kekuatan akses yang tinggi," ujarnya.

Akses internet ini juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat di pedesaan yang memproduksi berbagai jenis barang untuk menyerap pengetahuan yang bisa meningkatkan produktivitas mereka serta memasarkan produk-prpoduk mereka lewat jaringan internet.

Karena itu, kata bupati, ia mengajak seluruh camat, lurah dan kepala desa dan para penyuluh dalam sosialisasi rencana pembangunan jaringan wifi ini agar diketahui dan dimanfaatkan secara maksimal untuk mengakses informasi dan mengirim data.

Dalam pertemuan tersebut, Samsurizal juga mengemukakan bahwa sejumlah investor asing dan domestik juga akan segera berkegiatan di Parigi Moutong dalam bidang budidaya kepiting, pengelolaan sampah dan perkebunan tebu sekaligus pembangunan pabrik gula.  

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga