PLN Usulkan Pembangunan Rayon Di Kabupaten Sigi

id pln

PLN Usulkan Pembangunan Rayon Di Kabupaten Sigi

Manager PT PLN Area Palu Emir Muhaimin (Foto Antara.Anas Masa)

Kami sedang bermohon ke pusat (PLN) supaya di sana juga didirIkan rayon sendiri
Palu,  (antarasulteng.com) - PT. PLN (Persero) Area Palu akan membangun rayon PLN di Kabupaten Sigi mengingat selama ini daerah itu masih belum memiliki pusat pelayanan kelistrikan karena masih berada dalam wilayah Kabupaten Donggala.

"Kami sedang bermohon ke pusat (PLN) supaya di sana juga didirIkan rayon sendiri," kata Manager PLN Area Palu Emir Muhaimin dalam diskusi kelistrikan dan perumahan di Palu, Selasa.

Diskusi tersebut melibatkan berbagai pihak seperti Real Estate Indonesia (REI) Sulawesi Tengah, DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia dan perwakilan pemerintah Kota Palu.

Emir mengatakan selama ini masyarakat di Sigi kesulitan dalam mengakses pengaduan layanan listrik karena harus melalui Kota Palu, selanjutnya baru ke Donggala.

Kondisi ini terjadi karena secara geografis, wilayah Donggala dan Sigi berada diantara Kota Palu.

Sistem kelistrikan di area Palu selama ini dilayani oleh 10 rayon. Setiap kabupaten masing-masing memiliki rayon tersendiri kecuali Kabupaten Sigi.

Emir mengatakan PLN juga telah mendatangkan travo yang ditempatkan di Silae dan saat ini sedang dalam proses pemasangan sehingga diperkirakan April sudah dapat dioperasikan.

Jika travo tersebut dioperasikan kata Emir, sistem kelistrikan Palu sudah dapat menambah pasokan daya dari PLTA Sulawana sebesar 60 megawatt.

Daya mampu listrik di Palu saat ini telah mencapai 150 megawatt dengan beban puncak 135 sehingga PLN Palu masih miliki cadangan sebesar 15 megawatt.