Kamis, 24 Agustus 2017

Objek Wisata Danau Tambing Dikunjungi 21.691 Wisatawan

id tambing
Objek Wisata Danau Tambing Dikunjungi 21.691 Wisatawan
Danau Tambing (foto antara / muh. hajiji)
Palu,  (antarasulteng.com) - Objek wisata Danau Tambing di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, selama 2016 dikunjungi sebanyak 21.691 orang wisatawan domestik dan mancanegara.

"Khusus wisatawan mancanegara yang datang selama 2017 sekitar 225 orang," kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) Sudayatna di Palu, Rabu.

Jumlah kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara terbesar terjadi pada November-Desember 2016 mencapai 9.000 orang.

Menurut dia, jumlah pengunjung setiap tahun mengalami peningkatan yang cukup besar. Padahal pada Januari sampai April 2016 sedang gencar-gencarnya operasi memburu teroris pimpinan Santoso cs.

Tetapi hal itu tidak banyak memengaruhi kunjungan wisatawan, termasuk mancanegara ke destinasi wisata alam tersebut.

Sudayatna mengatakan seandainya, salah satu dari sejumlah paket wisata Danau Tambing yakni pendakian Gunung Rorekatimbu tidak ditutup karena kepentingan pengejaran teroris kemungkinan besar jumlah wisatawan akan semakin lebih besar lagi.

Sejumlah keunggulan yang dimiliki objek wisata Danau Tambing, antara lain, lokasi untuk kawasan camping, penangkaran tanaman anggrek khas Danau Tambing, kolam pemancingan ikan air tawar, pengamatan, penelitian burung, dan tanaman kantong semar.

Khusus pengataman burung dan tanaman kantong semar menjadi pusat perhatian para pengamat dan peneliti dari luar negeri.

Ada sekitar 30 persen dari ratusan jenis burung yang hidup di alam bebas di kawasan itu adalah endemik Danau Tambing.

"Begitu pula halnya dengan tanaman anggrek dan kantong semar," kata dia.

Lokasi obyek wisata Danau Tambing yang dikelolah oleh Balai Besar TNLL terletak di Desa Sedoa, Kecamatan Lore Utara pada ketinggian sekitar 1.700 meter dari permukaan laut (Mpdl).

Untuk mencapai lokasi tersebut, harus naik kendaraan sepeda motor atau mobil sekitar 2,5 jam dari Kota Palu sampai ke lokasi. 

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga