Jumat, 22 September 2017

TNLL Miliki Potensi Sumber Pembangkit Listrik

id lindu
TNLL  Miliki Potensi Sumber Pembangkit Listrik
Taman Nasional Lore Lindu (ist)
Palu,  (antarasulteng.com) - Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu Sudayatna mengatakan taman ini memiliki sejumlah sumber pembangkit listrik tenaga air dan panas bumi.

"Khusus untuk potensi pembangkit listrik tenaga air dalam skala sedang 10 megawatt (MW) dapat dibangun di kawasan hutan lindung," katanya di Palu, Rabu.

Ia menjelaskan potensi untuk pembangunan pembangkit listrik minihidro (PLTM) tersebar di beberapa sungai di Kabupaten Sigi dan Dataran Napu, Kabupaten Poso.

TNLL, kata dia, terletak sebagian di Kabupaten Poso dan sebagian lagi Kabupaten Sigi.

Sungai-sungai yang bisa dimanfaatkan bagi pembangunan pembangkit listrik terbarukan antara lain Sungai Sopu, Sungai Bono, dan Sungai Gumbasa serta beberapa sungai lainnya.

Selain potensi sumber pembangunan pembangkit menggunakan air, katanya, ada lokasi untuk pembangunan pembangkit listrik panas bumi.

Beberapa titik untuk pembangunan pembangkit listrik panas bumi terletak di Kecamatan Kulawi dan Kecamatan Nokilalaki, semuanya di Kabupaten Sigi.

Menurut dia, semua potensi pembangkit listrik tersebut sudah diidentifikasi oleh para peneliti dari Litbang Kementerian Sumber Daya Mineral.

Semua potensi pembangunan pembangkit listrik bedasarkan hasil survei sangat memungkinkan untuk dimanfaatkan bagi pemenuhi energi listrik masyarakat bukan hanya di Kabupaten Poso dan Sigi, tetapi se-Sulteng bisa terlayani.

Menjawab pertanyaan, Sudayatna mengatakan untuk pembangunan pembangkit listrik skala kecil dan sedang dalam kawasan tidak sama dengan pembangunan pembangkit listrik skala besar seperti (PLTA).

"Hanya butuh ijin pemanfaatan dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup," katanya.

Menurut dia, jika potensi tersebut dapat digunakan untuk pembangunan pembangkit listrik,niscaya, Sulteng akan sangat aman dari krisis listrik.

Karena salah satu kebutuhan investor yang akan menanamkan investasinya di berbagai sektor di Sulteng adalah menyangkut ketersediaan listrik.

Jika listrik di Sulteng telah sangat memadai,niscaya semakin berlomba-lomba para investor dari dalam maupun luar negeri yang datang menanamkan investasinya di Provinsi Sulteng.  

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga