PLN: Pemadaman Listrik Karena Gangguan Jaringan

id pln, listrik

PLN: Pemadaman Listrik Karena Gangguan Jaringan

PLN (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Manager PLN Area Palu Emir Muhaimin menjelaskan saat ini tidak ada lagi program pemadaman listrik karena suplai daya yang minim tetapi hanya karena gangguan jaringan atau kebakaran rumah.

"Soal pemadaman bergilir, sudah tidak ada. Kecuali listrik padam sesaat, itu karena ada gangguan jaringan atau ada kebakaran," katanya di Palu, Jumat.

Ia mengatakan ketersediaan daya listrik dewasa ini cukup memadai. Untuk sistem kelistrikan Palu kini surplus daya sekitar 15 megawatt (MW).

Menurut dia, dengan adanya cadangan daya sebesar itu, tidak akan ada lagi pemadaman bergilir. Kalau toh ada pemadaman listik, itu berarti terjadi gangguan pada jaringan listrik atau bisa jadi karena adanya kebakaran rumah.

Otomatis, jika terjadi gangguan pada jaringan atau kebakaran, dipastikan listrik padam.

Namun demikian, kata dia, pemadaman listrik tidak akan sampai berlangsung lama, sebab petugas PLN setiap saat siaga dan langsung turun ke lapangan memperbaiki kembali.

Selama ini, PLN mengandalkan pasokan daya dari swasta antara lain PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) yang dikelolah PT Poso Energy di Kabupaten Poso, PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) dikelolah PT Pusaka Jaya Palu Power (PJPP) di Palu dan sejumlah PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Disel) milik PT PLN.

Semua pembangkit listrik yang kini mensuplai daya untuk sistem kelistrikan Palu, seluruhnya dalam kondisi normal.

Meski demikian, pihak PLN berharap seluruh pelanggan tetap bijak menggunakan daya listrik yakni mematikan lampu atau alat-alat yang menggunakan tenaga listrik saat tidak dibutuhkan.