Kamis, 17 Agustus 2017

TNLL Libatkan Masyarakat Kelola Danau Tambing

id tambing
TNLL Libatkan Masyarakat Kelola Danau Tambing
Objek Wisata Alam Danau Tambing di kawasan Taman Nasional Lore Lindu, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. (Muhammad Hajiji)
Palu,  (antarasulteng.com) - Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) akan melibatkan masyarakat dalam pengelolaan Danau Tambing, salah satu obyek ekowisata yang dalam kawasan untuk meningkatkan pendapatan mereka dari sektor pariwisata.

"Ke depan masyarakat Desa Sedoa, Kecamatan Lore Utara akan ikut dilibatkan mengelolah obyek wisata Danau Tambing," kata Kepala Balai Besar TNLL, Sudaryatna di Palu, Sabtu.

Keterlibatan masyarakat antara lain untuk mengelolah perpakiran kendaraan, penyediaan berbagai jenis kuliner (makanan/minuman) dan juga suvenir.

Masyarakat setempat diharapkan bisa memanfaatkan peluang bisnis dengan baik untuk bisa meningkatkan ekonomi keluarga dan tentu juga desa.

Obyek wisata Danau Tambing terletak di Desa Sedoa, Kabupaten Poso yang semala ini cukup banyak diserbu para wisatawan, termasuk mancanegara karena keunikan dan menarik.

Danau Tambing yang terletak di tengaj kawasan hutan lebat itu mempunyai luas enam hektere, berada di ketinggian sekitar 1.700 meter dari permukaan laut.

Obyek wisata tersebut merupakan salah satu destinasi unggulan Pemprov Sulawesi Tengah yang diharapkan ke depan semakin banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai negara di dunia.

Pariwisata merupakan sektor unggulan Pemprov Sulteng dalam perolehan devisa yang lebih besar lagi dari tahun-tahun sebelumnya.

Sudaryatna mengatakan ke depan, Danau Tambing akan dikembangkan dan dikelola dengan lebih profesional lagi.

Pemprov Sulteng pada 2017 ini menargetkan kunjungan wisatawan ke daerah itu sebanyak 3 juta orang, termasuk di dalamnya wisatawan mancanegara.

Apalagi dengan kebijakan bebasa visa yang diberlakukan pemerintah Indonesia, niscaya kunjungan wisatawan ke Sulteng pada tahun ini dan ke depan semakin banyak,

Begitu pula halnya dengan perolehan devisa dari sektor pariwisata semakin meningkat.  

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga