Petugas Imigrasi Lembur Demi Layani Paspor Haji

id haji

Petugas Imigrasi Lembur Demi Layani Paspor Haji

Ilustrasi (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Petugas Kantor Imigrasi Kelas I Palu, Sulawesi Tengah, bekerja lembur untuk melayani masyarakat yang akan mengurus paspor haji.

"Ya meski bukan hari kerja, ada petugas imigrasi yang siaga di kantor untuk melayani masyarakat mengurus paspor," kata Kepala Imigrasi Palu Suparman di Palu, Sabtu.

Ia mengatakan para petugas di bagian pengurusan paspor terkadang masuk kantor di hari libur Sabtu dan Minggu untuk melayani masyarakat yang membutuhkan paspor dan dokumen keimigrasian lainnya.

Dia mengaku dalam beberapa pekan terakhir ini, kantor imigrasi banyak disibukkan oleh para calon jemaah haji yang akan menunaikan ibadah ke Tanah Suci.

Sementara itu, penerbitan paspor melalui Kantor Imigrasi Palu terus mengalami peningkatan seiring dengan semakin banyaknya orang yang hendak pergi keluar negeri.

Juga jumlah jemaah haji asal Sulteng yang membutuhkan paspor untuk keberangkatan ke Tanah Suci setiap tahunnya cenderung meningkat.

"Kalau dahulu paling banyak sehari menerbitkan paspor berkisar 20 lembar, kini meningkat hingga mencapai 60-70 paspor diterbitkan tiap hari," ujarnya.

Suparman mengatakan peningkatan permintaan tersebut tentu sangat mengembirakan bagi pihak imigrasi.

Selain meningkatkan pelayanan pengurusan paspor, petugas imigrasi disebutnya juga melakukan pengawasan ketat terhadap orang asing ilegal di wilayah Sulteng.

"Kita sekarang ini sudah punya dua kantor imigrasi yaitu di Luwuk,kabupaten Banggai dan Palu, Ibu Kota Provinsi Sulteng," kata dia.