Kamis, 29 Juni 2017

Bupati: Sigi Sumber Pertanian Dan Kehutanan

id irwan
Bupati: Sigi Sumber Pertanian Dan Kehutanan
Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta (Foto Antara)
Reforma agraria menjadi solusi untuk menata, menjamin hak-hak masyarakat yang bermukim di kawasan hutan serta sekitar kawasan hutan untuk mengelola potensi sumber daya alam pertanian dan hutan
Palu,  (antarasulteng.com) - Bupati Sigi, Sulawesi Tengah, Mohammad Irwan Lapatta menyatakan bahwa daerah yang dipimpinnya memiliki potensi sumber daya alam di sektor pertanian dan kehutanan yang dapat dikembangkan sebagai kekuatan ekonomi masyarakat.

"Daerah kita adalah rumpunnya pertanian dan kehutanan yang jika dikelola secara maksimal dapat menjadi kekuatan ekonomi untuk sejahterakan masyarakat," katanya saat dihubungi di Sigi, Kamis.

Bupati Irwan Lapatta mengatakan bahwa potensi sumber daya alam di sektor pertanian dan kehutanan Sigi sangat menjanjikan untuk pengembangan kekuatan ekonomi masyarakat didaerah tersebut.

Namun, aku dia, hingga saat ini potensi pertanian Sigi belum terkelola secara maksimal dan optimal mulai dari perencanaan pengembangan, yang meliputi kegiatan budidaya pembibitan, pembenihan, panen dan pascapanen.

Karena itu, kata dia, kawasan hortikultura menjadi upaya untuk memaksimalkan budidaya komoditi di daerah tersebut sebagai kekuatan ekonomi kerakyatan untuk kemandirian masyarakat.

Bupati menyebut bahwa pihaknya telah menyusun perencanaan kawasan pengembangan pertanian untuk menjadi kekuatan ekonomi kerakyatan didaerah tersebut, mulai dari Kecamatan Palolo, Kecamatan Biromaru dan Kecamatan Marawola.

"Di Sigi ada empat kawasan yang sangat potensial untuk pengembangan pertanian meliputi Kecamatan Palolo dan sekitarnya, Kecamatan Biromaru, Kecamatan Marawola yang dapat menjadi sumber dari kebangkitan dan kekuatan ekonomi," ucapnya.

Sementara di sektor kehutanan, kata dia, regulasi pemerintah pusat atas status kawasan-kawasan hutan turut serta menjadi hambatan bagi masyarakat untuk mengelola dan mengembangkan hutan sebagai kekuatan ekonomi.

Pemkab Sigi mendorong dan menggagas reformasi agraria yang sekaligus menjadi solusi yang diambil Pemerintah Kabupaten Sigi untuk memberikan akses kepada masyarakat terpencil guna mengelola sumber daya alam hutan dan pertanian.

"Reforma agraria menjadi solusi untuk menata, menjamin hak-hak masyarakat yang bermukim di kawasan hutan serta sekitar kawasan hutan untuk mengelola potensi sumber daya alam pertanian dan hutan," terangnya.  

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga