Mendag: IORA Business Summit sangat besar artinya

id mendag

Mendag: IORA Business Summit sangat besar artinya

Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita (antaranews)

Jakarta (antarasulteng.com) - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan Pertemuan Bisnis Asosiasi Negara Lingkar Samudera Hindia (IORA Business Summit) sangat besar artinya bagi Indonesia dan negara anggota IORA lainnya.

"IORA Business Summit ini sangat besar sekali artinya. Baru pertama kali antarpimpinan negara dan pimpinan dunia usaha bisa berada dalam kegiatan yang sama, dan kawasan ini akan menjadi masa depan ekonomi dunia dengan potensi besar," kata Mendag Enggartiasto Lukita di Jakarta, Sabtu.

Menurut Enggar, IORA Business Summit itu sangat diminati oleh para pengusaha dan pebisnis dari negara-negara di Lingkar Samudera Hindia.

"Minat dari kalangan pengusaha dan bisnis untuk hadir sangat besar. Awalnya perkiraan kami hanya sekitar 150 peserta, tetapi sekarang jadi 300 peserta dan itu kami agak membatasi jumlah peserta," ujar dia.

Dia menyebutkan IORA Business Summit itu akan dihadiri kalangan pengusaha serta perwakilan kamar dagang dan industri dari masing-masing negara anggota IORA.

"Pertemuan bisnis ini dapat dimanfaatkan untuk menindaklanjuti usaha-usaha yang bisa dikerjasamakan, baik dari sisi perdagangan maupun investasi," jelas dia.

Selain itu, kata Enggar, dalam pertemuan bisnis IORA itu akan diadakan pameran dagang atau trade expo untuk menunjukkan berbagai keunggulan produk dan potensi ekonomi Indonesia.

"Kami juga menyiapkan bebagai pertemuan bilateral untuk membahas tentang perjanjian dagang yang saling menguntungkan. Beberapa waktu lalu Menlu RI juga sudah membukakan pasar untuk kami di Afrika Selatan," ungkap dia.

Dalam pertemuan bisnis IORA akan disampaikan Deklarasi untuk Aksi Konkret Kegiatan Ekonomi Negara Anggota IORA di masa depan.

Tema yang diangkat untuk pertemuan bisnis IORA itu adalah "Building Partnership for Sustainable and Equitable Economic Growth" (Membangun Kemitraan untuk Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan dan Adil). IORA Business Summit akan dibuka dengan pidato sambutan oleh Presiden RI Joko Widodo.