Senin, 24 April 2017

Pergelaran Budaya Pelajar Parimo Meriah

id parimo
Pergelaran Budaya Pelajar Parimo Meriah
Bupati Parimo Samsurizal Tombolotutu (kedua kanan) menabuh jimbe pada pembukaan Gelar Budaya Pelajar di Parigi, Jumat (3/3) (Antarasulteng.com/Humas Parimo)
Gelar budaya pelajar ini diikuti 3 SMA dan 8 SMP
Parigi (antarasulteng.com) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong melaksanakan Pergelaran Budaya Pelajar tingkat kabupaten selama tiga hari mulai Jumat (3/3) dibuka Bupati Parimo Samsurizal Tombolotutu bertempat di Pusat Kesenian dan Pertunjukan Budaya Taman Masigi.

Bupati mengatakan pergelaran budaya pelajar ini dilaksanakan karena pada 2016, Parimo mendapat kepercayaan dari pemerintah pusat untuk menggelar Festifal Nasional Musik Tradisi Se-Indonesia yang untuk pertama kalinya digelar di di luar Pulau Jawa.

Kegiatan ini digelar sebagai tindak lanjut dari surat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk melaksanakan seleksi pra-event gelar koreografi tari Indonesia, konser musik tradisi dan pekan teater kategori remaja dengan golongan usia 13 sampi dengan 15 tahun.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong Adrudin Nur mengatakan bagi peserta yang ditetapkan sebagai pemenang pada seleksi tingkat kabupaten, akan mewakili Parimo pada seleksi tingkat provinsi dan bisa lebih jauh lagi sampai ke tingkat nasional.

Gelar budaya Pelajar ini diikuti 11 sekolah yang terdiri atas 3 SMA yaitu SMA Negeri 1 Ampibabo, SMA Bolana Lambunu, SMA Negeri 1 Parigi Utara. Kemudian ada 8 SMP yaitu SMP Model Toniasa Parigi, SMP Negeri 1 Palasa, SMP Negeri 2 Parigi, SMP Negeri 1 Toribulu, SMP Negeri 3 Parigi, SMP Negeri 1 Ampibabo, SMP Satap 2 Parigi Barat.

Pembukaan acara ini berlangsung meriah ditandai dengan pemukulan jimbe, alat musik tradisional setenpat oleh Bupati Parigi Moutong, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Ketua TP-PKK Parigi Moutong dan Wakil ketua Bayangkari Polres Parigi Moutong.

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga