Selasa, 27 Juni 2017

Pemkab Donggala Serahkan 15 Unit Kapal Untuk Nelayan

id donggala
Pemkab Donggala Serahkan 15 Unit Kapal Untuk Nelayan
Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa SH didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Ali Assegaf meninjau kapal nelayan di pesisir pantai Desa Kanaya, Kecamatan Sindue, Minggu. (Mohammad Hamzah/Antarasulteng.com)
Donggala, Sulawesi Tengah,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah menyerahkan bantuan 15 unit kapal untuk membantu kegiatan penangkapan ikan oleh nelayan di kabupaten itu.

Bupati Donggala, Kasman Lassa menyatakan di Donggala, Minggu, bantuan kapal penangkapan ikan dengan kapasitas bervariasi merupakan wujud keberpihakan pemerintah kepada masyarakat khususnya nelayan di daerah tersebut.

"Iya, pemerintah Kabupaten Donggala berupaya meningkatkan kesejahteraan lewat pemberian bantuan untuk kemudahan kegiatan nelayan dalam menangkap ikan di laut Sulawesi Tengah," ungkap Bupati Kasman Lassa.

Bupati menyebut bahwa 15 unit kapal yang diserahkan oleh pemerintah kabupaten kepada nelayan, yang diterima oleh masing-masing koperasi sebagai wadah berkecimpung kelompok nelayan, bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Kapal-kapal yang diserahkan oleh pemerintah Kabupaten Donggala kepada nelayan, sumber biayanya berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN)," ujarnya.

Terkait hal itu Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Donggala, Ali Assegaf mengakui bahwa anggaran pengadaan 15 unit kapal berasal dari APBN, namun berdasarkan permohonan pemerintah kabupaten tersebut.

Ia menguraikan kapal-kapal yang diadakan yaitu 32 GT sebanyak dua unit sebagai alat tangkap bubu lipat rajungan yang diserahkan di Desa Ogoamas II Kecamatan Sojol Utara diterima oleh Koperasi Nelayan Anugerah Perintis.

Kapal kapasitas 20 GT sebanyak dua unit diserahkan kepada nelayan lewat koperasi nelayan Samudera Sabang, Desa Batusuya Kecamatan Sindue Tambusabora dan kapasitas 20 GT tiga unit diserahkan kepada nelayan di Desa Sabang Kecamatan Dampelas.

Selanjutnya, kata dia, kapal kapasitas 5 GT sebanyak 8 unit diperuntukan untuk Desa Ogoamas II Kecamatan Sojol Utara lewat Koperasi Buana Laut, dan kapal kapasitas 10 GT dua unit untuk nelayan di Kelurahan Labuan Bajo Kecamatan Banawa diterima oleh Koperasi Maulana.

Lebih lanjut dia mengatakan Pemkab Donggala lewat pihaknya juga menyerahkan kapal kapasitas 10 GT 6 unit untuk nelayan Desa Malei Kecamatan Tanjung Balaesang yang dikelola oleh Koperasi Mina.

"Kapal yang diadakan mulai dari kapasitas 5 GT, 10 GT, 20 GT dan 30 GT. Saat ini baru 11 kapal yang tiba di Donggala dan empat lainnya masih dalam perjalanan menuju Donggala," urainya.

Editor: Anas Masa

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga