Menteri luar negeri Indonesia dan Australia bertemu

id menlu, iora

Menteri luar negeri Indonesia dan Australia bertemu

Dokumentasi Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi (kanan), berbincang dengan Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop, pada pertemuan ke-16 tingkat menteri anggota Indian Ocean Rim Association (IORA), di Nusa Dua, Bali, Kamis (27/10/2016). Pertemuan itu dihadiri menteri dan wakil menteri dari 21 neg

Jakarta (antarasulteng.com) - Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, menerima kedatangan koleganya, Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop, di Jakarta, Minggu. Mereka membahas sejumlah tindak lanjut kerjasama antara kedua negara.

"Kami membahas tindak lanjut dari kunjungan Presiden Joko Widodo, di Sydney, beberapa waktu lalu," kata Marsudi.

Kedua menteri luar negeri itu juga membahas upaya peningkatan kerjasama ekonomi antara Indonesia dan Australia, dan bagaimana kedua negara bisa memajukan Kemitraan Ekonomi Komprehensif (CEPA) antara Indonesia dan Australia.

Selain itu, dibahas pula konferensi ekonomi digital yang menurut rencana akan dilaksanakan di Bandung.

Sementara itu, Bishop mengatakan, pemerintah Australia akan mengutus menteri perdagangan, pariwisata dan investasi Australia beserta delegasi bisnis ke Indonesia sebagai upaya meningkatkan investasi dua arah kedua negara.

"Selain itu, kami juga membahas isu pariwisata dimana kami ingin lebih banyak turis Australia datang ke Indonesia dan sebaliknya wisatawan Indonesia mengunjungi Australia," kata Bishop.

Bishop diundang ke jamuan makan malam bersama sejumlah menteri luar negeri dan pejabat tinggi negara-negara anggota Asosiasi Negara Lingkar Samudera Hindia (IORA).

Marsudi dijadwalkan akan memimpin pertemuan tingkat menteri IORA, Senin, bersama Bishop dan Menteri Luar Negeri Afrika Selatan, Maite Nkoana-Mashabane.