Minggu, 25 Juni 2017

Hainan Yachao Group Jajaki Kerjasama Di Sulteng

id gubernur
Hainan Yachao Group Jajaki Kerjasama Di Sulteng
Gubernur Sulteng Longki Djanggola (ANTARA FOTO/Basri Marzuki )
Palu,  (antarasulteng.com) - Perusahaan asal Tiongkok, Hainan Yachao Group melakukan kunjungan kerja kepada Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola sebagai bentuk penjajakan kerjasama di sejumlah bidang.

Gubernur Sulteng Longki Djanggola, menurut keterangan pers yang diterima di Palu, Senin, didampingi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Elim Somba dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP serta sejumlah kepala dinas teknis terkait.

Penjajakan kerjasama dilakukan dalam bidang riset tentang kelapa dalam dan pengembangan sumber daya manusia (SDM), bidang ekspor dan import dan rencana pembangunan pabrik minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dan tepung kelapa di Sulteng.

Sales management Hainan Yachao Group, LV Zu Bi menyampaikan bahwa penjajakan kerjasama itu, setelah pihaknya melakukan pemetaan terhadap potensi unggulan di Provinsi Sulawesi Tengah.

Hainan merupakan daerah kepualauan di China yang memiliki karakteristik hampir sama dengan Sulteng. Hainan sendiri kata dia, memiliki daerah industri di Yangpu, dimana industri itu bahan bakunya banyak di Sulteng seperti kelapa dalam, rotan dan rumput laut

"Yangpu juga memiliki alat- alat industri pertanian yang bisa di Import dari Hainam ke Sulteng dan pembayarannya dapat melalui bahan baku industri," ungkapnya.

Untuk membuktikan keseriusan itu, pihak Hainan Yachao Group mengundang gubernur dan rombongan mengunjungi Hainan.

Sementara itu, Gubernur Longki menyambut baik rencana kerjasama dengan perusahaan itu, dan mengharapkan pihak Hainan dapat secepatnya merealisasikan pembangunan Pabrik CPO dan Pabrik Tepung Kelapa di Sulteng.

Untuk mempercepat tindaklanjut kerjasama itu, gubernut menunjuk asisten perekonomian dan pembangunan sebagai koordinator dan mempercepat realisasi kerjasama di bidang ekspor bahan baku Sulteng ke Yangpu dalam waktu dekat ini.  

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga