Jalan Nasional Sigi-Luwu Utara Segera Dibangun

id jalan

Jalan Nasional Sigi-Luwu Utara Segera Dibangun

Illustrasi: Salah satu kegiatan pengaspalan jalan (ANTARANews)

Kalau jalan ini sudah tembus, maka kita tidak perlu lagi memutar jauh menuju ke Sulawesi Selatan. Karena jalan ini bisa menghemat sekitar 300 kilometer
Sigi, Sulteng,  (antarasulteng.com) - Pemerintahan Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, segera membangun jalan nasional dari Desa Kalamana, Kecamatan Pipikoro, Kabupaten Sigi menuju Kabupaten Luwu Utara di Provinsi Sulawesi Selatan.

"Kami sudah bertemu Pemkab Luwu Utara beberapa waktu lalu. Kesepakannya, Pemkab Sigi akan membangun sekitar 15 kilometer dan Luwu Utara juga sekitar 15 kilometer," ungkap Wakil Bupati Sigi Paulina di Palu, Senin.

Kata dia, pembangunan jalan itu guna mendorong percepatan pembangunan daerah terpencil dan terisolir di Sigi, sehingga nantinya diharapkan dapat meningkatkan akses perekonomian masyarakat menjadi lebih baik.

"Kalau jalan ini sudah tembus, maka kita tidak perlu lagi memutar jauh menuju ke Sulawesi Selatan. Karena jalan ini bisa menghemat sekitar 300 kilometer," katanya.

Lebih lanjut kata Paulina, proyek pembangunan sudah mulai dilaksanakan dan saat ini sudah dalam tahapan pembebasan lahan.

"Semoga tahun 2018, akses jalan ini sudah dapat dilalui," harapnya.

Hal yang juga disamapaikan Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta, bahwa Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani memberikan respon positif terhadap rencana pembangunan jalan itu dalam pertemuan di Kantor Bupati Luwu Utara di Masamba.

Dalam pertemuan tersebut, kata Irwan, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani berjanji akan memasukkan program pembangunan jalan dari Luwu Utara menuju perbatasan Kabupaten Sigi pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017 ini.

"Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani akan memasukkan program pembukaan jalan baru menuju perbatasan dengan Desa Kalamanta, Sigi, dalam APBD 2017," kata Irwan mengutip pernyataan Indah Putri.

Rencana pembangunan jalan tersebut juga telah disampaikan Irwan Lapatta kepada Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo saat berkunjung ke Kabupaten Sigi, Sabtu (18/2).

Sementara itu, Anggota Komisi V DPR, Ahmad M. Ali saat melakukan Reses di Desa Tinggede, Kabupaten Sigi mengungkapkan pemerintah menyediakan anggaran sekitar Rp100 miliar untuk pembangunan Infrastruktur di Sigi, untuk pembangunan jalan, jembatan dan irigasi.