Minggu, 25 Juni 2017

Donggala Jadi Kota Wisata Mulai Agustus

id donggala
Donggala Jadi Kota Wisata Mulai Agustus
Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa SH menyampaikan sambutan pada kegiatan pembinaan dan pelayanan kartu nelayan di Desa Kavaya Kecamatan Sindue, Donggala, Minggu 5/3. (Muhammad Hamzah)
Donggala,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, berharap pencanangan Donggala sebagai Kota Wisata sudah terealisasi pada Agustus 2017 setelah tertunda sejak Oktober 2016.

Bupati Donggala Kasman Lassa yang dihubungi dari Palu, Selasa, menyebutkan penetapan waktu pencangan itu sudah disepakati semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat.

Kasman menguraikan bahwa pencanangan akan dipusatkan di Anjungan Gonenggati I Semapa Maipia Pa yang letaknya tidak berjauhan dengan Kantor Bupati Donggala di Kelurahan Gunung Bale Isema Maipia Pa.

Sebelumnya, kata Kasman, pencanangan Donggala Kota Wisata direncanakan pada Oktober 2016, namun tertunda karena pembangunan infastruktur anjungan Gonenggati sebagai ikon kota tersebut belum rampung.

Kondisi anjungan tersebut saat ini masih dalam pembangunan tahap akhir atau finishing, yang diperkirakan rampung dalam satu bulan ke depan.

Bupati menyebut bahwa pihaknya tetap optimistis untuk menghadirkan Presiden Joko Widodo pada pencanangan Donggala Kota Wisata 2017, yang sekaligus meresmikan beberapa mega proyek yang telah selesai.

Beberapa mega proyek yang telah selesai yakni pembangunan Anjungan Gonegati I Sema Pa Mai Pia Pa dengan nilai Rp13 miliar, pembangunan terminal penumpang Pelabuhan Donggala, sejumlah ruas jalan, serta proyek-proyek lainnya.

"Kami meminta agar peresmian Anjungan Gonegati dan Pelabuhan Donggala dilaksanakan oleh Presiden Jokowi, usai membuka kegiatan pencanangan Donggala Kota Wisata," ujarnya.

Selain anjungan Gonenggati, Donggala juga memiliki Pantai Tanjung Karang berpasir putih yang kini semakin ramai dikunjungi wisatawan mancanegara dan domestik untuk berenang dan menyelam guna menikmati keindahan alam bawah laut dengan terumbu karang yang indah.

"Kita juga telah menyiapkan paket-paket wisata yang terintegrasi antara wisata laut, hutan dan pegunungan serta wisata seni-budaya untuk para pengunjung," ujarnya.

Editor: Anas Masa

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga