Kamis, 24 Agustus 2017

Kapolda Sulteng Lantik 139 Orang Bintara Baru

id kapolda
Kapolda Sulteng Lantik 139 Orang Bintara Baru
Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah Brigjen Pol. Rudy Sufahriadi. (ANTARA Foto/Reno Esnir) (.)
Palu,  (antarasulteng.com) - Kapolda Sulteng Brigjen Polisi Rudy Sufahriadi melantik dan mengambil sumpah 139 orang Brigadir Polisi dalam satu upacara penutupan pendidikan pembentukan Brigadir Polri tahun ajaran 2016/2017 di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Sulteng, Selasa.

Pelantikan dan pengambilan sumpah angkatan ke-41 SPN Polda Sulteng itu dilakukan di bawah guyuran hujan deras.

Kapolda yang bertindak sebagai inspektur upacara membacakan amanat Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian yang menyatakan upacara ini merupakan momentum penting dalam menandai berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan pendidikan yang dilaksanakan selama tujuh bulan lamanya.

Kata dia, di era demokratisasi dan globalisasi yang terjadi secara menyeluruh turut berdampak pada eksistensi Polri dalam perannya sebagai alat negara di bidang keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Yang menjadi tantangan dari tugas Polri kedepan adalah perkembangan ganguan keamanan serta kemunculan berbagai jenis kejahatan berdimensi baru," kata Kapolda.

Untuk menghadapi realitas ini, Polri telah meluncurkan program Promoter yang berintikan pada perbaikan tiga hal utama yakni perbaikan kultur budaya, peningkatan kinerja serta manajemen media.

"Ketiga hal ini untuk meningkatkan kepercayaan publik agar organisasi Polri dapat bertahan, di tengah dinamika perkembangan tantangan tugas yang ada," ungkapnya.

Secara nasional, kata Kapolda, pendidikan untuk Bintara Polri tahun ajaran 2016/2017 telah menghasilkan 9.842 personel Polri, terdiri atas 9.244 personel laki-laki dan 598 personel wanita. Jumlah tersebut terbagi atas 8.656 Bintara polisi tugas umum, 438 Bintara polisi penyidik pembantu dan 150 bintara Polair.

"Jadi mulai hari ini, saudara telah resmi menjadi anggota Polri. Sehingga pada diri saudara telah melekat berbagai tugas, kewajiban dan tanggung jawab sebagai Bhayangkara Negara," tegas Kapolda.

Upacara pelantikan juga ditandai dengan pelepasan balon udara yang ditembak oleh Kapolda Rudy Sufahriadi.

Selain itu, Kapolda dan seluruh jajaran turut menyaksikan atraksi yang ditampilkan 139 Bintara Polri yang baru di antaranya atraksi debus yang baru pertama kali ditampilkan sejak SPN Polda Sulteng dibuka. 

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga