Bupati Minta Desa Segera Bentuk Bumdes

id kasman

Bupati Minta Desa Segera Bentuk Bumdes

Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa (ist)

...semua desa di Donggala harus segera membentuk Badan Usaha Milik Desa agar desa dapat berkembang dengan cepat dan masyarakatnya sejahtera
Donggala, Sulawesi Tengah,  (antarasulteng.com) - Bupati Donggala, Sulawesi Tengah, Kasman Lassa meminta seluruh kepala desa untuk segera membentuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk mengembangkan usaha masyarakat di desa.

"Iya, semua desa di Donggala harus segera membentuk Badan Usaha Milik Desa agar desa dapat berkembang dengan cepat dan masyarakatnya sejahtera," ungkap Bupati di Donggala, Selasa.

Kasman mengakui bahwa perintah tersebut dilandaskan pada pertemuannya dengan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal di Jakarta pekan lalu.

Menteri Eko Putro Sandjojo disebutnya meminta segera pembentukan Badan Usaha Milik Desa di semua desa, karena Bumdes sebagai kekuatan ekonomi masyarakat desa.

"Saya bertemu dengan Menteri PDT dan `yang disampaikan ke saya yaitu desa harus segera membentuk Badan Usaha sebagai kekuatan ekonomi desa," ujarnya.

Bupati mengakui bahwa terdapat beberapa hal yang dipesankan kepada dirinya dari Menteri Desa Eko Sandjojo yang harus dilaksanakan di desa untuk mempercepat pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Bupati mengakui bahwa baru beberapa desa di Donggala yang membetuk badan usaha dengan melibatkan masyarakat dari total desa kurang lebih 160 desa.

Bupati menyarankan agar kepala desa, sekretaris desa, badan pembangunan desa melibatkan masyarakat untuk musyawarah pembentukan Bumdes dengan menggunakan Anggaran Dana Desa yang bersumber dari APBN.

"Kepala desa harus segera musyawarah dengan unsur pemerintah desa, berkoordinasi dengan camat melibatkan masyarakat segera membentuk badan usaha milik desa menggunakan anggaran dana desa dari APBN," terangnya.