Rabu, 29 Maret 2017

Bulog Sulteng Luncurkan RPK Non Tunai

id bulog
Bulog Sulteng Luncurkan RPK Non Tunai
Kepala Bulog Divre Sulteng, Suprianto (Antarasulteng.com/Anas)
Palu,  (antarasulteng.com) - Perum Bulog Sulawesi Tengah siap meluncurkan pelayanan rumah pangan kita (RPK) non tunai sebagai edukasi bagi masyarakat guna menyambut program pemerintah pusat terkait Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang pada 2017 akan diberlakukan di sejumlah daerah.

"Jika tidak ada aral melintang, peluncuran pelayanan RPK non tunai akan dilakukan bersamaan dengan peresmian distribusi center (DC) sahabat RPK Divisi Regional Bulog Sulteng di Palu pada Kamis (9/3)," kata Kepala Bulog setempat, Suprianto, Rabu.

Ia mengatakan tahap pertama pelayanan RPK non tunai menggunakan kartu belanja pangan diberikan kepada 10 orang yang merupakan warga di sekitar Kantor Perum Bulog Sulteng di Kota Palu.

Warga yang memegang kartu dimaksud dapat belanja kebutuhan pangan yang dijual di RPK Bulog dengan nilai belanja sebesar Rp110.000.

Nilai uang sebesar itu, kata Suprianto sama dengan nilai yang dialokasikan pemerintah pusat kepada warga miskin yang mendapatkan BPNT.

Semua warga yang memegang kartu belanja khususnya yang dikeluarkan Bulog Sulteng di Palu, seluruhnya adalah warga miskin tetapi selama ini mereka belum pernah mendapatkan jatah raskin (beras untuk keluarga miskin) atau sekarang ini beras untuk keluarga sejahtera (rastra).

Sulteng, kata dia belum termasuk dari 51 kabupaten dan kota yang sudah akan mendapatkan BPNT yang akan disalurkan menggunakan kartu.

Karena itu, sebelum program pemerintah pusat itu diberlakukan di Sulteng, maka sebagai ujicoba penggunaan kartu dimaksud, Bulog membuat terobosan sendiri dengan menyediakan 10 kartu pelayanan RPK non tunai yang siap diluncurkan besok oleh Direksi Pengembangan Bisnis dan Industri Bulog, Imam Subowo.

Dana belanja pangan non tunai menggunakan kartu bekerja sama dengan dua bank di Palu yakni BNI dan BRI, seluruhnya merupakan partisipasi dari karyawan/karyawati Perum Bulog Sulteng.

"Ini sebagai bentuk kepedulian dari karyawan dan karyawati Bulog Sulteng kepada masyarakat kurang mampu, tetapi selama ini belum pernah mendapatkan bantuan pangan subsidi," kata Suprianto.

Khusus pelayanan RPK non tunai menggunakan kartu untuk sementara baru berlaku di RPK Bulog Sulteng yang terletak di halaman kantor di jalan Muhammad Yamin Palu.

Editor: Adha Nadjemudin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga