Sektor Pertanian Masih Jadi Perhatian Sulteng

id pertanian

Sektor Pertanian Masih Jadi Perhatian Sulteng

Ilustrasi (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Sektor pertanian hingga kini tetap menjadi perhatian serius Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, meskipun sektor pertambangan saat ini menjadi kontributor utama pertumbuhan ekonomi daerah.

"Sulteng masih megunggulkan sektor pertanian," kata Asisten II Setda Provinsi Sulteng Bunga Elim Somba di sela-sela peresmian Rumah Pangan Kita dan Pusat Distribusi Perum Bulog Sulteng di Palu, Kamis.

Karena itu pemerintah sangat konsen dengan infranstruktur pertanian yang ada di daerah ini.

Infranstruktur seperti membangun dan memperbaiki jaringan irigasi di setiap daerah, membuka akses jalan usaha tani, nenyediakan sarana produksi petani seperti benih, pupuk, obata-obatan dan juga distribusi hasil panen dan pemasaran.

Semua yang menyangkut kebutuhan petani dan pekebuna menjadi perhatian pemerintah baik pusat maupun daerah.

Pemerintah dari tahun ke tahun terus berupaya untuk meningkatkan produksi petani untuk menjaga kedaulatan pangan nasional.

Program Pajala (padi jagung dan kedelai) yang gencar dilakukan dalam beberapa tahun terakhir ini di seluruh Tanah Air, termasuk Sulteng merupakan upaya pemerintah dalam rangka mempertahankan ketahanan pangan nasional.

Selain itu juga tentu agar impor Indonesia tidak lagi impor pangan karena stok dalam negeri bisa dipenuhi dari hasil petani.

Juga tentu pemerintah mau agar tingkat kesekahteraan petani semakin meningkat.

Pada 2017 ini Pemprov Sulteng berharap produksi pajala meningkat dan juga pendapatan petani. Harga pangan di tingkat petani saat ini semakin lebih bagus dari tahun-tahun sebelumnya.

Dengan demikian diharapkan petani Sulteng semakin bergairah lagi meningkatkan produksi dan kualitasnya. Sebab jika kualitasnya bagus, maka harga jualpun akan lebih tinggi dan sebaliknya.