Gempa Cukup Keras Guncang Palu

id gempa

Gempa Cukup Keras Guncang Palu

Gempa bumi cukup keras mengguncang Kota Palu pada Sabtu (11/3) pukul 12.56 WITA (ist)

Palu,  (antarasulteng.com) - Gempa bumi cukup keras mengguncang Kota Palu pada Sabtu (11/3) pukul 12.56 WITA sempat membuat banyak warga berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Kepala Stasiun BMKG Bandara Mutiara Palu, Kasiron yang dihubungi via telepon membenarkan adanya gempa, tetapi belum bisa memberikan informasi lebih lanjut.

"Petugas kami masih sementara mengolah data gempa bumi yang terjadi hari ini dan dirasakan cukup keras oleh masyarakat Kota Palu," kata dia.

Ia berjanji setelah datanya sudah ada, langsung diinformasikan ke publik, termasuk wartawan.

Di kawasan Pasar Masomba Palu, para pedagang maupun warga yang berbelanja sempat berlarian keluar karena khawatir tertimpah bangunan yang runtuh.

"Saya paling takut dengan yang namanya gempa," kata Ny Fatih, seorang pedagang di kawasan itu yang sempat berlari meninggalkan dagangannya karena gempa.

Hal senada juga disampaikan Ny Lusi. Ibu rumah tangga yang sedang berbelanja saat gempa langsung berlari sambil membawa belanjaanya keluar pasar.

Data menyebutkan gempa berkekuatan cukup besar yaitu 6,2 SR pernah terjadi di Kabupaten Sigi pada 2012 yang mengakibatkan akses jalan menuju Kulawi dan Kecamatan Lindu putus total selama beberapa hari karena ditutupi tanah longsor.

Tiga Kecamatan yaitu Kulawi, Lindu dan Gumbasa merupakan wilayah paling parah diguncang gempa bumi. Banyak rumah warga, sarana kesehatan, pendidikan dan rumah ibadah mengalami kerusakan.

Bahkan tercatat empat orang meninggal dunia dan puluhan warga lain luka-luka akibat gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Sigi.