Donggala Alokasikan 10 Persen APBD Untuk Desa

id apbd

Donggala Alokasikan 10 Persen APBD Untuk Desa

Ilustrasi (antaranews)

Donggala, Sulawesi Tengah,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, mengalokasikan 10 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanda Daerah (APBD) kabupaten tersebut untuk desa, sebagai upaya percepatan pembangunan desa.

Bupati Donggala Kasman Lassa yang dihubungi di Donggala, Minggu, mengemukakan APBD untuk desa itu dimaksudkan untuk membantu pemerintah desa menyelenggarakan pembangunan yang pro-masyarakat.

"Pengalokasian anggaran dari APBD untuk desa sebanyak 10 persen tersbeut merupakan wujud nyata bahwa Pemkab Donggala pro terhadap masyarakat. Karena itu anggaran yang di berikan harus dimanfaatkan oleh desa untuk kepentingan masyarakat desa," ujar Kasman yang akan bertarung lagi pada Pilkada 2018 itu.

Bupati mengakui bahwa Donggala menjadi daerah yang pertama di Indonesia yang mengalokasikan APBD sebanyak 10 persen kepada desa.

Di daerah itu terdapat 150-an desa tersebar di 16 kecamatan.

"Pemerintah kabupaten lain di Indonesia belum memberikan APBD 10 kepada desa, namun Donggala telah merealisasikan dan memberikan 10 persen APBD kepada desa-desa," ujarnya.

Bupati Kasman Lassa menyebut bahwa pengalokasian APBD 10 persen untuk desa telah dilaksanakan sejak dirinya menjabat sebagai kepala daerah empat tahun lalu, yang saat itu alokasi anggaran kurang lebih senilai Rp67 miliar dari APBD untuk desa.

Bupati Kasman menjelaskan anggaran senilai Rp67 miliar itu dibagi atau didistribusikan kepada kurang lebih 100 desa di Donggala, yang setiap desa menerima Rp300 juta-Rp500 juta.

"Pengalokasiaan dana 10 persen ke desa dari APBD, membuat Donggala menjadi satu-satunya daerah di Indonesia yang memberikan anggaran secara penuh ke desa," katanya.

Anggaran itu, sebut dia, sudah termasuk dengan gaji kepala desa, sekretaris desa, staf di kantor desa, badan pembangunan desa, ketua-ketua dusun dan pegawai syarah, imam masjid, pendeta.

Selain dana APBD Donggala, desa-desa di Donggala juga mendapat kucuran dana desa dari APBN setiap tahun.