Bupati Desak Desa Bangun Infastruktur Air Bersih

id kasman

Bupati Desak Desa Bangun Infastruktur Air Bersih

Bupati Donggala H. Kasman Lassa (antara foto/Muhammad Hajiji)

Donggala, Sulawesi Tengah,  (antarasulteng.com) - Bupati Donggala, Sulawesi Tengah, Kasman Lassa mendesak semua pemerintah desa di daerahnya untuk membangun infastruktur air bersih guna memenuhi kebutuhan air yang layak konsumsi bagi masyarakat.

"Semua desa harus membangun infastruktur air bersih dari hulu ke hilir, dengan menggunakan anggaran yang telah disediakan oleh negara untuk desa, baik dana desa (dari APBN) maupun alokasi dana desa (APBD setmpat)" katanya saat dihubungi di Donggala, Minggu.

Menutrut Kasman, perintah untuk membangun infastuktur air bersih desa berlandaskan pada permintaan dan penjelasan atas pertemuannya dengan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo di Jakarta baru-baru ini.

Menteri, kata kasman, meminta kepadanya untuk menyampaikan kepada semua pemerintah desa tentang prioritas penggunaan dana desa yang bersumber dari APBN yakni meliputi pembentukan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), pembangunan lapangan sepak bola, serta pembangunan infastruktur air bersih dan MCK.

"Iya, dalam pertemuan saya dengan Menteri Desa Eko Putro Sandjojo di Jakarta beberapa waktu lalu, saya diperintahkan agar menyampaikan ke desa untuk menggunakan dana desa bagi pembangunan infrastruktur," sebutnya.

Bupati mengakui bahwa sebahagia besar masyarakat di desa-desa terpencil mengalami kesulitan mendapatkan air bersih, hal itu karena tidak ada infastruktur yang baik untuk menyuplai air ke masyarakat.

Padahal, katanya, air bersih merupakan kebutuhan yang paling mendasar oleh semua orang. Olehnya, desa harus memikirkan dan memanfaatkan anggaran untuk membangun infrastruktur air bersih.

Selain infrastruktur air bersih, lanjut bupati, desa juga harus membangun MCK untuk mewujudkan kualitas lingkungan yang sehat dan bersih agar menghindarkan masyarakat dari gangguan berbagai penyakit.

"Salah satu problem mewujudkan kebersihan dan kesehatan di desa yaitu, minimnya ketersediaan MCK. Karena itu desa perlu membantu masyarakat untuk membangun MCK," pintanya.