Utusan Trump bertemu PM Israel di Yerusalem

id trump

Utusan Trump bertemu PM Israel di Yerusalem

Presiden Amerika Serikat Donald Trump (kanan) berjabat tangan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu setelah menggelar konferensi pers bersama di Gedung Putih di Washington, Amerika Serikat, pada 15 Februari 2017. (REUTERS/Kevin Lamarque)

Yerusalem (antarasulteng.com) - Utusan khusus Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Jason Greenblatt, bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Yerusalem pada Senin (13/3).

"Harapan saya kami bisa melakukan berbagai hal baik bersama," kata Perdana Menteri kepada utusan khusus Trump untuk perundingan internasional itu dalam video yang diunggah kantor Netanyahu.

Greenblatt menjawab: "Menurut saya kita akan melakukan hal luar biasa bersama-sama."

Utusan Trump juga dijadwalkan bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Kota Ramallah di wilayah pendudukan Tepi Barat pada Selasa.

"Sungguh merupakan kehormatan bisa bertemu dengan (pemimpin) Israel dan Palestina pekan ini saat saya berkunjung ke wilayah ini," katanya sebagaimana dikutip kantor berita AFP.

Menurut kantor berita Palestina, Wafa, Trump pada Jumat mengundang Abbas "segera mengunjungi Gedung Putih untuk membahas cara melanjutkan kembali proses politik (Israel-Palestina)" dalam percakapan telepon pertama mereka sejak pelantikan Trump pada Januari.

Greenblatt menjadi penasihat Trump dalam hal konflik Arab-Israel dalam kampanye pemilihan presiden.

Trump menerima Netanyahu di Gedung Putih pada pertengahan Februari. Pada pertemuan itu, Trump mematahkan kebijakan puluhan tahun Amerika Serikat dengan mengatakan dia tidak terikat dengan solusi dua negara untuk mengakhiri konflik Palestina-Israel.

Proses perdamaian Palestina-Israel buntu sejak April 2014 menyusul runtuhnya perundingan tidak langsung yang ketika itu dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry. (mr)