Operasi Tinombala Poso Diperpanjang Hingga 3 Juli 2017

id Tinombala

Operasi Tinombala Poso Diperpanjang Hingga 3 Juli 2017

Kapolda Sulteng Brigjen Pol Rudy Sufahriadi (kanan) saat memberikan keterangan kepada pers. (Antarasulteng.com/Chandra)

Rudy Sufahriadi: DPO kasus terorisme Poso masih tetap 9 orang. Akan kami kejar terus.
Poso (antarasulteng.com) - Operasi Tinombala di Poso yang akan berakhir pada 3 April, diperpanjang lagi hingga 3 Juli 2017 berdasarkan permintaan Kapolda Sulteng Brigjen Polisi Rudy Sufahriadi saat rapat di Mapolres Poso, Selasa.

"Iya, hasil rapat tadi, Operasi Tinombala yang akan berakhir 3 April 2017, diperpanjang tiga bulan lagi. Ini merupakan permintaan Kapolda saat rapat evaluasi Satgas Operasi Tinombala," kata Asisten Operasi Kapolri Irjen Polisi Unggung Cahyono di Poso, Selasa.

Menurut Unggung, proses perpanjangan operasi Tinombala bertujuan agar warga Kabupaten Poso merasa aman. Nama sandi Operasi Tinombala, jumlah pasukan tidak berubah yang saat ini tersisa sekitar 1.500 personel gabungan TNI dan Polri. Pihaknya juga memastikan tidak akan melakukan penambahan pasukan BKO TNI ataupun Polri.

Sementara itu Kapolda Sulteng sekaligus Penanggung Jawab Komando Opereasi (PJKO) Satgas Tinombala Brigjen Polisi Rudy Sufahriadi menambahkan jumlah DPO yang merupakan anak buah Santoso masih tetap sebanyak sembilan orang.

Satgas Tinombala, kata Kapolda, akan terus mengejar mereka. Kuat dugaan bahwa kondisi mereka semakin melemah. Namun bahwa semakin kecil jumlah DPO, justru semakin kuat dan sulit untuk ditangkap, karena punya pengalaman menghindari pengejaran.

"Kami akan terus melakukan pengejaran terhadap sembilan DPO hingga tuntas," kata Kapolda.

Irjen Polisi Unggung Cahyono yang tiba dengan penerbangan komersial di bandara udara Kasiguncu Poso, bersama rombongan langsung menuju Mapolres Poso untuk melakukan rapat tertutup dengan seluruh jajaran pelaksana Satuan Tugas (Satgas) Operasi Tinombala 2017 termasuk unsur TNI.

Pelaksanaan rapat evaluasi Operasi Tinombala berlangsung selama dua jam dari pukul 10.00 hingga pukul 12.00 WITA.

Dalam kunjungan sehari ke Poso itu, Asops Kapolri Irjen Polisi Unggung Cahyono bersama anggota rombongan meninjau sejumlah Pos Komando Operasi Tinombala Sektor 2 di Tokorondo, Kecamatan Poso Pesisir dan Pos Komando Operasi Tinombala Sektor 1 di Tambarana kecamatan Poso Pesisir Utara.