Senin, 27 Maret 2017

Pemrov Sulteng Intensifkan Peningkatan Kualitas Aparatur

id Pemprov
Pemrov Sulteng Intensifkan Peningkatan Kualitas Aparatur
Pelaksana Tugas Sekprov sulteng Derry Djanggola (Antarasulteng.com/Humas Pemprov)
Palu (Antarasulteng.com) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah terus mengintensifkan program reformasi birokrasi dengan meningkatkan kualitas sumber daya aparatur sipil negara melalui bimbingan teknis analisis jabatan dan evaluasi jabatan di lingkungan pemerintah provinsi.

Bimbingan teknis yang berlangsung di salah satu hotel di Palu, Rabu, tersebut menghadirkan pembicara antara lain Kepala Bidang Perencanaan dan SDM pada Deputi Perencanaan dan SDM Kementerian PAN dan RB Syamsul Rizal.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Derry Djanggola mengatakan pelaksaaan reformasi birokrasi yang diprogramkan pemerintah provinsi periode 2016-2021 didorong untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bebas KKN.

Selain itu juga mewujudkan peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat dan meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi.

"Untuk mencapai itu perlu didukung manajemen sumber daya manusia aparatur," katanya.

Derry mengatakan sumber daya aparatur tersebut diperlukan agar aparatur sipil memiliki kompetensi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good governance) sehingga tercipta penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efisien.

Ia mengakui untuk mewujudkan pemerintahan yang baik bukanlah sesuatu yang mudah, namun membutuhkan kerja keras serta komitmen dan kerjasama yang baik.

Analisis jabatan dan evaluasi jabatan, katanya, sangat penting. Kegiatan itu merupakan langkah strategis untuk mengetahui pentingnya suatu kotak jabatan dan seberapa besar beban kerja setiap kotak jabatan itu dari setiap organisasi perangkat daerah di lingkungan pemerintah daerah Provinsi Sulawesi Tengah.

Dia berharap kegiatan tersebut dapat memenuhi tuntutan kebutuhan birokrasi serta mampu melaksanakan tugas-tugas umum pemerintahan dan pembangunan dengan lancar.

Tidak kalah pentingnya pelaksanaan reformasi birokrasi harus dilandasi semangat pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara serta sebagai unsur aparatur sipil negara yang harus memberikan pelayanan optimal ke masyarakat.

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga