Desa Kalukubula Pengelola Dana Desa Terbaik

id dana desa

Desa Kalukubula  Pengelola Dana Desa Terbaik

Kepala Desa Kalukubula, Ahlan Adjan, salah seorang kades terbaik di Kabupaten Sigi dalam mengelolah Dana Desa dan Anggaran Dana Desa (DD/ADD). Foto Antara/Anas Massa.

Kunci terhindar dari masalah hukum terkait DD/ADD adalah mengikuti perencanaannya dan meningkatkan pengawasan terhadap pelaksanaan di lapangan," kata Kades Kalukubula, Ahlan Adjan.
Sigi, Sulteng, (antarasulteng.com) - Desa Kalukubula, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah termasuk salah satu desa terbaik dalam hal pengelola bantuan pemerintah terkait dana desa dan anggaran dana desa (DD/ADD).

"Syukur alhamdulillah, desa kami dinilai berhasil dalam menggunakan ADD/DD yang dialokasikan pemerintah dengan baik," kata Kepala Desa Kalukubula, Ahlan Adjan, Kamis.

Ia mengatakan atas keberhasilan tersebut, beberapa waktu lalu Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Eko Putro Sandjojo telah mengunjungi Desa Kalukubula, Kecamatan Biromaru, Kabupaten Sigi.

Sejak pemerintah mengalokasikan dana tersebut kepada masing-masing desa,Desa Kalukubula sebagai salah satu desa penerima dalam melaksanakan kegiatan baik untuk infrastruktur maupun program lainnya, sangatlah berhati-hati dalam menggunakan dana dimaksud.

Semua program atau kegiatan yang akan dilaksanakan dengan memanfaatkan DD/ADD di Desa Kalukubula, terlebih dahulu melalui musyawarah dengan melibatkan seluruh elemen, komponen dan aparat di desa.

Seperti kepala-kelapa dusun, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh adat, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Babinsa, Babinkamtimnas dan PKK.

"Semua kita libatkan. Karena itu, apa yang kita kerjakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat," kata dia.

Ia juga menambahkan selain itu, setiap pemanfaatan dana dilakukan secara transparan kepada masyarakat.

Dan kunci lainnya agar terhindar dari masalah hukum karena terkait DD/ADD adalah mengikuti perencanaannya dan meningkatkan pengawasan terhadap pelaksanaan di lapangan.

Pada 2016, Desa Kalukubula mendapat alokasi ADD Rp435.915.800 dan DD sebesar Rp670.532.900. Anggaran tersebut digunakan antara lain pembangunan dan pemeliharaan jalan desa, pembinaan dan pengelolaan pendidikan anak usia dini (PAUD), pengadaan berbagai sarana dan prasarana kesehatan.

Berikutnya, pembangunan WC umum, pembukaan dan pemeliharaan jalan usaha tani, pembangunan drainase dan pengembangan sarana dan prasarana produksi pertanian dan kegiatan pembinaan umat beragama serta berbagai kegiatan lainnya.

Sementara pada 2017 ini, ADD untuk Desa Kalukubula sebesar Rp 548.980.000 dan DD senilai Rp852.235.000.

Untuk penggunaannya, kata Ahlan masih sementara dimusyawarahkan dan dalam waktu dekat sudah akan ditetapkan menjadi program prioritas yang dikerjakan pada tahun anggaran 2017 ini. (BK03)