Jumat, 28 April 2017

Gubernur Sulteng Minta Dukungan Kementan Kembangkan Kakao

id longki
Gubernur Sulteng Minta Dukungan Kementan Kembangkan Kakao
Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H longki Djanggola, M Si. Memimpin secara langsung Rapat koordinasi dan konsultasi pembangunan perkebunan provinsi Sulawesi Tengah. (humas)
Kami terus mendorong penguatan sektor perkebunan khususnya kakao, diharapkan program nasional kakao tetap dilanjutkan dan kami memohon dukungan pemerintah pusat
Palu,  (antarasulteng.com) - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola meminta dukungan Kementerian Pertanian RI melalui Dirjen Perkebunan untuk mendukung pengembangan komoditas tanaman kakao di daerahnya guna mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah itu dari sektor perkebunan.

"Kami terus mendorong penguatan sektor perkebunan khususnya kakao, diharapkan program nasional kakao tetap dilanjutkan dan kami memohon dukungan pemerintah pusat," kata Longki di Palu, Jumat.

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola pada Kamis(16/3) menerima kunjungan kerja jajaran Ditjen Perkebunan dalam rangka mengikuti rapat koordinasi pembangunan perkebunan di Sulawesi Tengah.

Longki mengatakan salah satu yang menguatkan tekad pemerintah daerah untuk terus mengembangkan perkebunan kakao karena tanaman tersebut dapat memberikan kesejahtraan kepada masyarakat yang hingga saat ini luasannya telah mencapai 290 ribu hektare.

"Pada masa kejayaan tanaman kakao, petani Sulawesi Tengah tidak mengalami krisis walaupun daerah lain mengalami krisis," katanya.

Menurut Longki kakao sangat berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan petani di daerahnya, namun belum memberikan kontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah.

Dia mengatakan pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah yang mencapai sembilan persen merupakan daerah tertinggi tingkat pertumbuhan ekonominya di Indonesia, hanya saja kata Longki, persentase kemiskinan relatif masih tinggi karena pertumbuhan ekonomi terbesar baru ditopang dari sektor pertambangan.

Kondisi ini kata Longki, menyebabkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Sulawesi Tengah masih dirasakan masyarakat kelas menengah ke atas.

Itulah sebabnya kata Longki pemerintah daerah harus terus mendorong penguatan sektor pertanian salah satunya perkebunan kakao sehingga terjadi keseimbangan pertumbuhan ekonomi yang tidak dimonopoli sektor tambang.

Longki mengatakan dirinya bertekad kuat untuk terus memperjuangkan ke pemerintah pusat agar kebijakan pengembangan perkebunan kakao terus mendapat dukungan dari pemerintah pusat.

Bahkan kata dia, dirinya telah menyampaikan langsung kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat rapat terbatas bersama kepala-kepala daerah beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan Menko Ekuin akan mengundang khusus Gubernur untuk membicakan pengembangan sektor perkebunan khususnya tanaman kakao di Pulau Sulawesi.

Sementara itu Dirjen Perkebunan Kementrian Pertanian Bambang mengemukakan dirinya sangat mengapresiasi upaya Gubernur Longki Djanggola untuk selalu memperjuangkan pengembangan komoditas tanaman kakao dan pengembangan pertanian lainnya di daerah itu. 

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga