150 Kades Donggala Studi Banding Ke Jakarta

id kasman

150 Kades Donggala Studi Banding Ke Jakarta

Bupati Donggala Kasman Lassa (antaranews)

Donggala, Sulawesi Tengah,  (antarasulteng.com) - Sekitar 150 kepala desa se-Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, akan melakukan studi banding ke Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi serta Kementerian Pertanian di Jakarta.

Bupati Donggala Kasman Lassa mengatakan di Donggala, Jumat, seluruh kepala desa di daerah yang dipimpinnya perlu belajar dan menimba ilmu di Kementerian Desa dan Pertanian untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia demi maksimalisasi pembangunan desa.

"Iya, semua kepala di Donggala harus dan perlu melakukan studi banding ke Kementerian Desa dan Kementerian Pertanian, untuk mendapat penjelasan langsung dari menteri dan pejabat di dua kementerian tersebut," katanya.

Ia belum memastikan waktu pemberangkatan para kepala desa tersebut, namun mengatakan akan dilakukan pada tahun ini juga.

Kasman mengatakan bahwa saat dirinya bertemu dengan Menteri Desa, PDTT dan Menteri Pertanian di Jakarta beberapa waktu lalu, dirinya telah melaporkan rencana studi banding para kades tersebut kepada kedua menteri dan direspon positif.

"Kedua menteri malah senang bila ada kepala-kepala desa yang yang ingin bertemu dan ingin mendapat penjelasan langsung mengenai pengelolaan dana desa dari APBN dan pembelajaran tentang pertanian," jelasnya.

Ia menguraikan bahwa studi banding kepala-kepala desa ke Jakarta akan dibiayai lewat alokasi dana desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) di setiap desa.

Lebih lanjut bupati menerangkan bahwa di Kementerian Desa, PDTT seluruh kepala desa belajar dan mendapat arahan langsung tentang pengelolaan dana desa untuk pembangunan desa.

Sementara di Kementerian Pertanian kepala desa akan belajar tentang pengembangan pertanian sebagai kekuatan ekonomi.