Rabu, 18 Oktober 2017

Ada Angkutan Mudik Gratis di Lebaran 2017

id LEBARAN
Ada Angkutan Mudik Gratis di Lebaran 2017
Sumarno (www.antarasulteng.com/FB)
Rutenya dari Palu-Tolitoli, Palu-Luwuk, Palu-Poso dan Palu-Kolonadale, tinggal disesuaikan dengan kemampuan
Palu, (antarasulteng.com) - Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tengah akan menyiapkan angkutan mudik gratis bagi masyarakat tidak mampu jelang lebaran tahun 2017 mendatang.

"Saat ini kami sementara melakukan pendataan, untuk menyesuaikan kemampuan anggaran yang digunakan," kata Kepala Bidang Transportasi Darat Dishub Sulteng, Sumarno di Palu, Minggu.

Program ini kata dia, sebatas keinginan pemerintah daerah untuk membantu masyarakat yang kurang mampu, tetapi ingin merayakan lebaran di kampung halaman. Program ini bisa digunakan untuk pekerja yang ada di Palu atau pun mahasiswa yang sedang melakukan studi.

"Rutenya dari Palu-Tolitoli, Palu-Luwuk, Palu-Poso dan Palu-Kolonadale, tinggal disesuaikan dengan kemampuan saja," ujarnya.

Untuk penganggaran dalam program itu kata Sumarno, telah disiapkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017. Selain itu, program mudik ini merupakan program baru yang dilaksanakan karena melihat antusias masyarakat di kota-kota lain di Indonesia yang sangat diminati setiap tahunnya.

"Program ini juga dirasakan sangat memberikan manfaat kepada masyarakat," ujarnya lagi.

Sumarno menyatakan pihaknya tidak menutup pintu kerjasama dengan instansi atau lembaga lain yang ingin mensukseskan program tersebut.

"Kami terget sekitar 500 orang secara keseluruhan, tinggal disesuaikan saja dengan anggaran," ungkap Sumarno.

Saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan, terkait kesiapan armada angkutan. Kemudian akan dilakukan inspeksi mulai dari kelaikan jalan, jumlah armada, kapasitas penumpang. Sehingga dapat diketahui dan diperkirakan, apakah jumlah itu bisa mencukupi atau tidak.

"Kalau ada kekurangan, maka akan dicari alternatif untuk angkutan lainnya," tutup Sumarno. (FZI)

Editor: Adha Nadjemudin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga