Rabu, 29 Maret 2017

DPRD Desak Pemkab Segera Menata Objek Wisata

id donggala
DPRD Desak Pemkab Segera Menata Objek Wisata
Ketua DPRD Donggala Mohammad Yasin (Ist)
Donggala, Sulawesi Tengah, (antarasulteng.com) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah mendesak pemerintah setempat untuk segera menata objek-objek wisata potensial.

Ketua DPRD Donggala Mohammad Yasin menyatakan di Donggala, Minggu, pemerintah lewat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) perlu melakukan penataan terhadap objek-objek wisata potensial.

"Pemerintah lewat SKPD terkait sudah saat-nya harus melakukan penataan terhadap objek-objek wisata potensial di daerah tersebut," ungkap Mohammad Yasin.

Yasin mengakui bahwa visi Bupati Donggala untuk menjadikan kabupaten tersebut sebagai kota wisata, sangat baik dan benar dikarenakan Donggala memiliki potensi tersebut.

Akan tetapi, sebut dia, rencana Bupati Donggala Kasman Lassa itu harus direalisasikan oleh SKPD serta pemangku kepentingan di Donggala, agar tidak terkesan hanya sebagai wacana belaka.

Politisi Partai Gerindra itu mengatakan bahwa pemerintah harus berani untuk memulai menata objek-objek wisata sebagai sumber pendapatan daerah dan pengembangan sektor jasa.

"Jika kita tidak berani untuk memulai, maka kita tidak akan berkembang. Karena itu pemerintah harus segera melakukan penataan objek wisata untuk mendukung Donggala menjadi kota wisata," tekannya.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, berharap pencanangan Donggala sebagai Kota Wisata sudah terealisasi pada Agustus 2017 setelah tertunda sejak Oktober 2016.

Bupati Donggala Kasman Lassa yang dihubungi dari Palu, menyebutkan penetapan waktu pencangan itu sudah disepakati semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat.

Kasman menguraikan bahwa pencanangan akan dipusatkan di Anjungan Gonenggati I Semapa Maipia Pa yang letaknya tidak berjauhan dengan Kantor Bupati Donggala di Kelurahan Gunung Bale Isema Maipia Pa.

Sebelumnya, kata Kasman, pencanangan Donggala Kota Wisata direncanakan pada Oktober 2016, namun tertunda karena pembangunan infastruktur anjungan Gonenggati sebagai ikon kota tersebut belum rampung.

"Kondisi anjungan tersebut saat ini masih dalam pembangunan tahap akhir atau finishing, yang diperkirakan rampung dalam satu bulan ke depan," urainya.

Bupati menyebut bahwa pihaknya tetap optimistis untuk menghadirkan Presiden Joko Widodo pada pencanangan Donggala Kota Wisata 2017, yang sekaligus meresmikan beberapa mega proyek yang telah selesai.

Editor: Anas Masa

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga