Minggu, 28 Mei 2017

Pertamina Target Depot Lpg Sulteng Beroperasi Akhir 2017

id pertamina
Pertamina Target Depot Lpg Sulteng Beroperasi Akhir 2017
PT. Pertamina (antaranews.com)
Palu,  (antarasulteng.com) - PT Pertamina Region VII Sulawesi Tengah menargetkan pengopersian Depot Liquefied Petroleum Gas (LPG) di Sulteng akan dilaksanakan akhir tahun 2017.

"Saat ini dalam proses pengerjaan bangunan fisik dan dermaga, progresnya sekitar 30 persen," kata Sales Executive LPG PT Pertamina Region VII Sulawesi Tengah, Bagus Sulistio Hadi di Palu, Minggu.

Menurut dia, dengan perkembangan pembangunan itu, paling lambat akan dioperasikan awal tahun 2018 dengan dua unit kilang masing-masing berkapasitas 1.000 metrik ton.

"Depot dibangun di Desa Salumbone, Kecamatan Labuan, Kabupaten Donggala," ungkapnya.

Pemilihan tempat itu, kata dia, dikarenakan dari segi transportasi kapal laut sangat layak untuk bersandar di dermaga. Kemudian dari aspek distribusi merupakan jalur jalan nasional, yang lebih mudah menuju ke Kabupaten Tolitoli dan Buol, Kota Palu, Kabupaten Donggala dan Sigi. Serta ke Kabupaten Parigi Mouotong hingga Morowali Utara dan Banggai.

"Depot itu bisa melayani 13 kabupaten dan kota di Sulteng," ujarnya.

Berdasarkan perhitungan, kata dia, kebutuhan elpiji di Sulteng sekitar 150 metrik ton per hari, sementara Depot yang dibangun berkapasitas 2.000 metrik ton, sehingga dapat menjaga kebutuhan hingga 13 hari.

"Untuk transportasi kapal, pulang pergi sekitar 5 hari, jadi masih amanlah untuk kebutuhan penyimpanan," tuturnya.

Saat ini, distribusi elpiji masih mengandalkan Depot Region Makassar. Dimana Pertamina Region Sulteng telah menyiapkan 24 unit armada Skid Tank.

Berdasarkan catatan Pertamina, untuk Kota Palu sebanyak 7 agen elpiji, Kabupaten Donggala sebanyak 3 agen, Kabupaten Sigi sebanyak 2 agen, Kabupaten Parigi Moutong sebanyak 5 agen.

Kabupaten Poso satu agen, Kabupaten Tojo Una-Una sebanyak 2 agen, Kabupaten Morowali 2 agen, Kabupaten Tolitoli sebanyak 2 agen, kabupaten Buol 2 agen dan Kabupaten Banggai sebanyak 7 agen. 

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga