Pemprov Galang Komitmen Bersama Untuk Sulteng Sehat

id Germas, Kesehatan

Pemprov Galang Komitmen Bersama Untuk Sulteng Sehat

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat GERMAS - Sekdaprov Derry Djanggola (kiri), Wakil Ketua DPRD Sulteng Akram Kamarudin (tengah), Kadis Kesehatan Provinsi Asyar Sutiadi (kanan) melakukan peregangan otot mengawali rakor teknis program kesehatan masyarakat dalam rangka gerakan masyarakat hidup sehat di Pal

Derry mengajak semua kalangan masyarakat untuk menghindari pola hidup yang tidak sehat tersebut sehingga kualitas kesehatan masyarakat khususnya di Sulawesi Tengah semakin baik.
Palu (antarasulteng.com) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menggalang komitmen berbagai pihak untuk mewujudkan gerakan masyarakat hidup sehat menuju Sulawesi Tengah sehat.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Derry Djanggola di Palu, Selasa, mengatakan, perlunya meningkatkan kesadaran dan kemauan hidup sehat mengingat belakangan ini meningkatnya penderita penyakit tidak menular yang menyebabkan kematian.

Derry mengatakan, penyakit seperti serangan jantung, hipertensi dan obesitas tersebut menyerang semua lapisan masyarakat di kota maupun di desa.

Salah satu penyebabnya pola hidup yang tidak sehat seperti banyak menghabiskan waktu menonton televisi, bermain "game" dan terlalu lama duduk di depan komputer.

Selain itu pola makan yang berubah. Kecenderungan masyarakat untuk makan makanan olahan, siap saji, tinggi gula, garam dan lemak serta kurangnya makan yang berserat seperti buah dan sayur sehingga mengakibatkan gangguan pencernaan.

Derry mengajak semua kalangan masyarakat untuk menghindari pola hidup yang tidak sehat tersebut sehingga kualitas kesehatan masyarakat khususnya di Sulawesi Tengah semakin baik.

Pemerintah provinsi setempat juga menandatangani komitmen gerakan masyarakat hidup sehat dengan melibatkan berbagai unsur seperti organisasi kesehatan, organisasi kemasyarakatan, lembaga swadaya masyarakat dan pers.

Penandatanganan itu dilakukan pada pembukaan rapat koordinasi teknis program kesehatan masyarakat dalam rangka mewujudkan gerakan masyarakat hidup sehat di Palu, Selasa.

Gerakan masyarakat hidup sehat kali ini mengambil fokus di empat kabupaten/kota, yakni Kota Palu, Donggala, Tojo Unauna dan Banggai.

Seluruh perwakilan dari empat daerah tersebut hadir dan ikut menandatangani komitmen bersama gerakan masyarakat hidup sehat.

Untuk mendukung gerakan tersebut Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola telah mengeluarkan instruksi ke seluruh kabupaten/kota.

Seluruh organisasi perangkat daerah terkait juga diminta memetakan langsung kegiatan yang mendukung gerakan masyarakat hidup sehat.

Gubernur juga telah meminta kepada seluruh organisasi perangkat daerah agar 2018 mengalokasikan anggaran untuk kegiatan gerakan masyarakat hidup sehat tersebut. ***