Sulteng Jadikan Palu Percontohan Kota Layak Anak

id norma

Sulteng Jadikan Palu Percontohan Kota Layak Anak

Palu,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menjadikan Kota Palu sebagai percontohan kota layak dan ramah anak sebagai upaya meminimalisir kekerasan terhadap anak secara mental dan fisik.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Sulawesi Tengah Norma Mardjanu di Palu, Selasa, menyatakan Kota Palu menjadi proyek percontohan daerah layak dan ramah anak yang harus diikuti oleh kabupaten lain.

"Iya, Pemprov Sulteng lewat SKPD kami menetapkan Kota Palu sebagai `pilot project` yang diikuti kabupaten lainnya di Sulteng dalam menggagas daerah layak dan ramah anak," ungkap Norma Mardjanu.

Norma mengatakan setiap kabupaten di Sulawesi Tengah perlu membentuk dan mendorong desa layak dan ramah anak serta puskesmas dan sekolah layak dan ramah anak.

Hal itu, sebut dia, tidak hanya sebagai upaya untuk memenuhi persyaratan menjadi daerah kabupaten layak dan ramah anak, melainkan sebagai bentuk wujud nyata keseriusan pemerintah dalam memberikan perlindungan terhadap anak dari bahaya kekerasan.

"Upaya-upaya tersebut harus dimulai dari desa dengan mendorong serta membuat desa ramah anak, dengan memaksimalkan peran pendidikan atau sekolah percontohan ramah dan layak anak," urainya.

Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, mendorong tujuh kecamatan di kota tersebut untuk membentuk Kelurahan Layak Anak (KLA) sebagai bentuk perlindungan dan pemberian hak-hak terhadap anak.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPP-KB) Kota Palu Irmayanti Pettalolo mengatakan BPP-KB akan mengajak tujuh kecamatan untuk membentuk kelurahan layak anak hingga tingkat RT di tahun 2017.

"Saat ini ada tujuh kecamatan yang sama sekali belum ada kelurahan layak anak baik di tingkat rukun tetangga, hal itu akan menjadi program kami untuk mengajak pemerintah kecamatan membentuk di tahun 2017 ini," kata Irmayanti.

Kota Palu saat ini baru memiliki tiga kelurahan layak anak yaitu Kelurahan Palupi di Kecamatan Tatanga, Kelurahan Silae di Kecamatan Ulujadi dan Kelurahan Baiya di Kecamatan Tawaeli.

Tiga kelurahan tersebut telah ditetapkan sebagai Kelurahan Layak Anak dengan beberapa indikator di antaranya memiliki puskesmas layak anak, ruang terbuka hijau layak anak dan sekolah ramah anak.