Mendikbud Harap Smanor Lahirkan Atlet Kebanggaan Negara

id mendikbud

Mendikbud Harap Smanor Lahirkan Atlet Kebanggaan Negara

Mendikbud Muhadjir Effendy (antaranews)

Sekolah olahraga ini harus melahirkan atlet-atlet yang dapat berkompetisi di semua cabang olahraga dengan memberikan prestasi yang membanggakan daerah dan negara
Palu,  (antarasulteng.com) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengharapkan Sekolah Menengah Atas Negeri Olahraga (SMANOR) Tadulako Palu dapat menghasilkan atlet kebanggaan daerah dan negara.

Harapan itu disampaikan Mendikbud Muhadjir Effendy pada peresmian gedung serbaguna indoor SMANOR Tadulako di Jalan Mohammad Hatta Kota Palu, Minggu siang.

"Sekolah olahraga ini harus melahirkan atlet-atlet yang dapat berkompetisi di semua cabang olahraga dengan memberikan prestasi yang membanggakan daerah dan negara," katanya.

Menteri Muhadjir mengatakan atlet-atlet dari SMANOR harus bersaing di semua cabang olahraga pada setiap kompetisi mulai dari tingkat daerah, naisonal dan internasional.

Ia mengakui bahwa dalam setiap kompetisi pasti ada kekalahan dan kemenangan, namun tidak boleh kalah dalam semua cabang olahraga, harus ada yang menang meski belum membuahkan hasil yang maksimal.

"Kalau kita kalah di cabang olahraga karate, maka di cabang olahraga lain harus menang agar kemenangan dapat menutupi kekalahan dan membangkitkan motivasi," katanya.

Mendikbud berharap SMANOR menyusun dan membuat target dalam pembinaan atlet atau siswa-siswi agar dapat meraih hasil yang maksimal dalam setiap kompetisi.

Ia juga meminta tenaga pengajar tidak sekedar mengajarkan teori, melaikan dibarengi dengan praktek.

SMANOR Tadulako Palu merupakan yang pertama dan satu-satunya di Sulteng, menerima siswa/siswi mulai tahun ajaran 2016/2017, dan mengembangkan 9 jurusan olahraga yaitu atletik, pencak silat, karate, taekwondo, sepak takraw, bulu tangkis, dayung, tinju dan ctur.