Prancis beri penghargaan "Trofi Alumni" untuk empat orang Indonesia

id prancis

Prancis beri penghargaan "Trofi Alumni" untuk empat orang Indonesia

Andrea Hirata, salah seorang yang dianugrahi Trofi Alumni oleh pemerintah Prancis. (ANTARA FOTO/Regina Safri)

Jakarta (antarasulteng.com) - Pemerintah Prancis pada Minggu di Jakarta untuk pertama kalinya menganugerahi "Trofi Alumni" untuk lima warga Indonesia berpretasi.

Lima warga Indonesia yang dimaksud di antaranya Dr Ir Kadarsah Suryadi, DEA untuk kategori pendidikan tinggi dan riset, Andrea Hirata di kategori kebudayaan, Ajeng Kamaratih dari Media, Dr Sapta Nirwandar dari bidang perusahaan, dan Gadis Arivia untuk kategori masyarakat sipil.

"Indonesia memiliki ribuan alumni perguruan tinggi Prancis, dan beberapa dari mereka menduduki posisi penting di berbagai sektor. Trofi ini kami berikan untuk mereka yang berkarir cemerlang dan berkomitmen mengembangkan hubungan antardua negara," kata Duta Besar Prancis untuk Indonesia dan Timor Leste Jean-Charles Berthonnet dalam pidato sambutannya.

Berthonnet menambahkan, kelima warga Indonesia yang menerima penghargaan dari pemerintah Prancis itu turut berperan sebagai duta bangsa untuk mempererat hubungan diplomasi dua negara. 

"Kelima warga Indonesia yang menerima trofi juga mengemban tanggung jawab sebagai duta Prancis karena mereka menjadi cerminan kualitas perguruan tinggi kami," kata Dubes Berthonnet.

Dalam acara tersebut, salah satu penerima anugerah, Gadis berharap agar penghargaan dari pemerintah Prancis itu dapat terus mendorong upaya penyetaraan dan pemberdayaan perempuan.

Sementara itu, penulis novel ternama "Laskar Pelangi" Andrea Hirata berharap trofi yang ia terima dapat memantik penulis muda Indonesia untuk terus berkarya.

Di kesempatan sama, Berthonnet turut menyampaikan agenda Presiden Prancis Francois Hollande yang tengah memulai lawatannya di Asia Tenggara.

"Presiden rencananya akan tiba di Jakarta Rabu besok. Kunjungan itu merupakan yang pertama sejak 31 tahun lalu dan akan menjadi kesempatan untuk mempergiat hubungan Prancis di Indonesia," tambahnya.

Acara penganugerahan yang diadakan Kedutaan Besar Prancis dan pusat kebudayaannya, Institut Francais d'Indonesie (IFI) yang dihadiri sejumlah figur, seperti aktris senior Christine Hakim, Poppy Dharsono yang saat ini menjabat sebagai Presiden Alumni Prancis di Indonesia, aktris senior Prancis Catherine Deneuve.