Pemkab Sigi Dorong Siswa Tingkatkan Belajar

id smp

Pemkab Sigi Dorong Siswa Tingkatkan Belajar

Ilustrasi (antaranews)

Sigi, Sulteng,  (antarasulteng.com) - Pemkab Sigi di Provinsi Sulawesi Tengah terus mendorong para siswa SMP di daerah itu untuk meningkatkan kegiatan bejalar menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan UN tulis yang dijadwalkan berlangsung April 2017.

"Saya mengajak orangtua murid ikut mengingatkan anaknya yang sekarang ini duduk di bangku kelas III karena pelaksanaan UN tertulis maupun UNBK semakin dekat," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sigi, Abdul Hamid, Selasa.

Ia mengatakan tanpa adanya persiapan yang matang dari para siswa tentu tidak akan menghasilkan prestasi terbaik.

Karena itu, dia meminta siswa untuk mempersiapan diri dengan sebaik mungkin. "Jangan hanya mengandalkan kegiatan belajar di sekolah atas les tambahan. Tapi juga belajar sendiri atau kelompok di rumah," katanya.

Sebab waktu disekolah terbatas. Tetapi waktu di rumah sangat banyak dan siswa harus bijak dalam memanfaatkan kesempatan tersebut untuk belajar agar ketika menghadapi ujian tidak akan mengalami kesulitan dalam menjawab soal-soal yang diujikan.

Orangtua juga harus ikut mengawasi anaknya selama berada di rumah. "Beri motivasi agar mereka lebih bergairah belajar di rumah," pinta Hamid.

Di Kabupaten Sigi, kata dia , jumlah siswa SMP dan sederajat yang akan mengikuti UNBK sebanyak 3.868 siswa yang tersebar di seluruh kecamatan di daerah itu.

Jumlah kecamatan di Kabupaten Sigi saat ini sebanyak 15 wilayah.

Menjawab pertanyaan, Hamid mengatakan semua sekolah yang akan melaksanakan UNBK di Kabupaten Sigi telah mempersiapkan seluruh sarana dan fasilitas pendukung seperti geset listrik untuk mengantisipasi jika listrik PLN padam atau mengalami gangguan.

Berikutnya, perangkat lunak seperti komputer, server dan lainnya juga sudah dipersiapkan dengan baik.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulteng, Irwan Lahace sebelumnya mengatakan pada 2018 diharapkan semua sekolah di daerah ini sudah melaksanakan UNBK.

"Target kita semua sekolah di Sulteng 2018 sudah melaksanakan UNBK," katanya.

Khusus menghadapi pelaksanaan UNBK tingkat SMA/MA dan SMK di Provinsi Sulteng pada tahun arajan 2016/2017 ini, baru ada sebanyak 145 sekolah negeri dan swasta yang sudah akan melaksanakan UNBK.

Secara rinci untuk SMA/MA tercatat 56 sekolah dan SMK 89 sekolah tersebar di 13 kabupaten dan kota di Provinsi Sulteng.

Jumlah sekolah negeri dan swasta yang akan melaksanakan ujian nasional UNBK dan UN kertas/pensil di Sulteng mencapai 517 sekolah tersebar di seluruh kabupaten dan kota di daerah ini.

Untuk sekolah yang tetap melaksanakan UN biasa di Sulteng tercatat 349 SMA/MA dan SMK sebanyak 168 sekolah